Beranda Warta Cerita BKM Kelurahan Ngaglik Berkiprah Tanpa BPM

BKM Kelurahan Ngaglik Berkiprah Tanpa BPM

Cerita Jawa Timur Kota Batu BKM Tanpa BDI BPM Comments (0) View (246)

Kelurahan Ngaglik adalah 1 dari 24 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Kelurahan ini merupakan salah satu dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sejak 1999, ketika masih bernama Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Dengan bimbingan P2KP, Kelurahan Ngaglik mendirikan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ngudimulyo. Sejak 2016, lokasi ini tidak lagi menerima dana stimulan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) atau yang dulu dikenal dengan Bantuan Dana Investasi (BDI). BKM hanya menerima BDI Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) saja.

Namun begitu, BKM tak putus asa begitu saja dalam menyikapi kondisi tersebut. Justru, dalam setiap musyawarah kelembagaan selalu dibahas bagaimana BKM Ngudimulyo tetap dinilai eksis oleh komunitas warga Kelurahan Ngaglik, dengan strategi memaksimalkan nilai kinerja UPK-nya, sehingga dari jasa perguliran tahunannya mampu digunakan untuk fasilitasi program kerja BKM, dan tetap berupaya membangun kemitraan guna menggerakkan kolaborasi peningkatan kualitas permukiman. Apalagi, karena tata perwilayahan lokasi ini dinilai strategis, BKM Ngudimulyo optimis bisa membangun banyak peluang CSR dan kemitraan.

BKM pun jadi bersemangat mendorong kolaborasi peningkatan kualitas permukimannya, khususnya wilayah yang relatif dekat dengan Wahana Wisata Buatan dan Perhotelan. Hasilnya adalah perbaikan dan pembangunan, antara lain, pembangunan jalan paving dan tandon air di RT 02/RW 14, pada 2018, pembangunan IPAL Komunal pada 2018, pemasangan portal untuk truk di Jl. Abdul Gani RW 14 pada 2018, drainase lingkungan pada 2018, pengembangan livelihood kawasan pada 2018, dan pembangunan jalan hotmix di Jl. Abdul Gani tembus Jalibar RT 03 dan RT 04/RW 14 pada 2017.

BKM Ngudimulyo juga merawat hasil pembangunan yang dilaksanakan secara swakelola dan tetap mengedepankan transparansi serta akuntabilitas. Setiap tahunnya BKM Ngudimulyo juga melaksanakan audit independen, dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). [Jatim]

 

Penulis: Heri Purwanto, ST, Asman Kota Batu, OSP Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.