"> ">
Beranda Warta Cerita Kolaborasi Kelurahan Rintis Kota Ciptakan Lingkungan Ramah Anak

Kolaborasi Kelurahan Rintis Kota Ciptakan Lingkungan Ramah Anak

Cerita Riau Pekanbaru Kolaborasi Comments (0) View (184)

Warga RT 003/RW 002 Kelurahan Rintis, Kecamatan Kota Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau perlahan mulai menciptakan lingkungan asri, hijau, dan ramah anak. Hal ini dilakukan warga dengan cara berkolaborasi bersama Dinas Pertanian Kota Pekanbaru dalam penanaman bibit tanaman dan pengadaan city gas. Dilakukan pula gotong-royong membersihkan sungai dengan "Duta Lingkungan" dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru melalui kegiatan "Bersih Sungai". Ditambah, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) dari APBD provinsi sebanyak 7 unit pada 2017.

Memang tidak mudah mencapai itu semua. Tak mudah pula mengajak warga mengubah perilaku agar menjaga lingkungan menjadi bersih dan asri. Namun, perlahan tapi pasti, penataan jalan lingkungan yang dilakukan warga mulai dibarengi dengan penataan sekitarnya. Sebut saja, tanaman hijau dan fasilitas sederhana yang nyaman buat anak-anak bermain.

Sebelumnya, permasalahan warga RT 003/RW 002 adalah kondisi jalan lingkungan yang rusak, drainase belum memadai karena masih terjadi genangan karena saat hujan--air tidak seluruhnya tertampung dan limpasannya menyebabkan genangan cukup parah. Selain itu, tidak ada lampu penerangan jalan, tidak ada ruang berkumpul warga baik untuk sekedar bermain anak-anak ataupun ruang pertemuan warga. Kondisi tersebut membuat wilayah RT ini terkesan kumuh dan tidak tertata.

Akhirnya, dalam perencanaan BKM dan warga diprioritaskan untuk penataan RT 003/RW 002 yang dilakukan dengan anggaran dari bantuan dana investasi (BDI) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) pada 2018. Kegiatan yang dilaksanakan berupa perbaikan jalan lingkungan sepanjang 190 meter dan drainase sepanjang 88 meter. Sebanyak 74 Kepala Keluarga (KK) merasakan langsung manfaat kegiatan tersebut.

Selain melalui Program Kotaku, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Tim Kotaku melakukan kolaborasi seperti disebutkan di atas. Kini wilayah ini terlihat perubahannya. Warga juga menjaga hasil kegiatan pembangunan dengan melakukan pemeliharaan berkala. Kegiatan penghijauan terutama menjadi upaya yang terus dijaga dalam menjadikan Kelurahan Rintis lebih asri dan hijau. Ruang terbuka publik nan hijau ini dimanfaatkan warga untuk bersosialisasi, dan membuat anak-anak lebih nyaman dan leluasa bermain dengan sesamanya. [Riau]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Komunikasi OC Kotaku Provinsi Riau

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.