Beranda Warta Cerita Kolaborasi Tuntaskan Kumuh di Tanjung Sari

Kolaborasi Tuntaskan Kumuh di Tanjung Sari

Jambi Kolaborasi Tanjung Sari Septic Tank Komunal Comments (0) View (145)

Dengan berkolaborasi, kekumuhan dapat diatasi dengan cepat. Hal ini dipraktikkan oleh Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Lokasi kumuh di RT 01 kelurahan tersebut sudah berubah, yang awalnya lahan kosong tidak terawat dan kotor karena menjadi tempat masyarakat membuang sampah, kini berubah menjadi sebuah kawasan yang bersih dan tempat berkumpulnya warga. Posyandu mulai diaktifkan. Pertemuan-pertemuan warga juga dilakukan. Masyarakat juga bisa bersantai ketika sore menjelang dengan pedagang keliling ramai melalui kawasan tersebut.

Seperti yang diungkapkan Koordinator LKM Mekar Maju Sari Jumiarti. Ia mengatakan, embuatan drainase dan rehab jalan Program Kotaku memang mantap. Anak-anak bersekolah dengan lancar, perekonomian meningkat, tukang bakso, tekwan, es doger, bakso bakar melewati jalan ini. LKM Mekar Maju Sari juga aktif mewartakan seluruh kegiatan LKM melalui media sosial.

Kolaborasi di kawasan tersebut dimulai dari hasil data baseline yang menunjukkan nilai kekumuhan tinggi. Hal ini disambut langsung oleh Program Sanimas, yang langsung mengajak LKM Mekar Maju Sari mencari lokasi pembuatan tangki septik komunal. Didapat hibah tanah di lokasi tersebut, dan BKM dipercaya dalam mengelola pembangunan Tangki Septik Komunal dengan KSM sebagai pelaksana. Awalnya, hampir seluruh warga di sana tidak memiliki Tangki Septik di rumah mereka. Warga biasanya langsung mengalirkan limbah tersebut ke Sungai Tembuku, sungai terdekat.

Saat pelaksanaan kegiatan tangki septik komunal berlangsung, masyarakat sepakat untuk mencari kerja sama dan akhirnya mengajukannya ke pemerintah kota, hingga akhirnya diperoleh kolaborasi dari Program Bangkit Berdaya, berupa bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara itu, untuk upah dilakukan dari swadaya masyarakat (ketentuan program). Maka dibangunlah tempat pertemuan warga di atas tangki septik komunal dan Ruang Terbuka Publik (RTP) di lokasi tersebut.

Pelaksanaan pembangunan masih menyisakan beberapa masalah kekumuhan di lokasi tersebut. Melalui Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) yang telah disusun, dapat dilihat langsung persoalan sampah, jalan dan drainase belum terjawab. Oleh karena itu LKM sepakat menuntaskan kekumuhan dengan menggunakan Bantuan Dana Investasi (BDI) Program Kotaku tahun anggaran 2018, berupa pembuatan drainase, rehab jalan dan penyediaan tong sampah.

Untuk Kelurahan Tanjung Sari, persoalan sampah sangat besar nilainya. Maka LKM dan warga sepakat untuk mengelola sampah. Selain menyediakan tong sampah di beberapa RT, LKM juga sepakat untuk membeli 1 unit motor sampah yang dikelola oleh KSM dari BDI tahap 30 persen, untuk mengangkut sampah warga dan membuangnya ke TPS akhir yang ada di sekitar kelurahan.

Sekaran, kekumuhan sudah berlalu di RT 01 Kelurahan Tanjung Sari. Anak-anak berangkat sekolah dengan senyuman, tanpa perlu lagi menutup hidungnya. Para pedagang keliling sangat banyak yang melalui kawasan tersebut. Warga melepas penatnya di petang hari sambil bersenda gurau di sana. Bahkan, Wali Kota Jambi sudah berkunjung ke sana. [Jambi]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Komunikasi OC Kotaku Provinsi Jambi

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.