Beranda Warta Cerita Jalan-jalan ke Kotaku: Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjung Pinang

Jalan-jalan ke Kotaku: Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjung Pinang

Cerita Kepri Kepulauan Riau Tanjung Pinang Comments (0) View (70)

Kali ini Kotaku mengajak pembaca semua melihat salah satu jalan lingkungan di Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Sebelum penataan, lorong atau jalan lingkungan yang berada di RT 004 RW 006 Kelurahan Kampung Bugis ini tidak terlihat seperti saat ini.

Sebagai lokasi yang padat hunian dan penduduknya, permasalahan yang dihadapi warga adalah jalan lingkungan yang sempit dan tidak ada akses mobil pemadam kebakaran, sampah dipermukiman yang menumpuk karna tidak ada sarana pengangkut, rumah tidak layak huni. Persoalan lainnya adalah rendahnya kesadaran masyarakat mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta status ilegal permukiman dan bangunan yang belum memiliki sertifikat.

Melalui BDI Kotaku tahun 2018, di RT 004 RW 006 dan RT 002 RW 002 dilaksanakan pembangunan jalan beton sepanjang 299 meter dan pengadaan motor pengangkut sampah sebanyak 5 unit dengan nilai BDI sebesar Rp 845 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 41,9 juta. Warga yang memanfaatkan langsung infrastruktur ini sebanyak 655 kepala keluarga.

Kini jalan di Kelurahan Kampung Bugis sudah mulai tertata dan asri, bahkan warga bersama-sama menata dan menghias rumah sepanjang jalan sepanjang jalan dengan dana kolaborasi dari berbagai dinas antara lain Satker PKP Provinsi, Dinas Perkim Kota Tanjungpinang, Badan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan. Kegiatan Kolaborasi di Kampung Bugis antara lain Pembangunan Pelantar Lingkar, pengecatan rumah, perbaikan rumah tidak layak huni dan pembangunan IPAL Komunal.

Sosialisasi PHBS dan penghijauan lingkungan juga termasuk dalam kegiatan Kolaborasi Keterpaduan Program tahun 2018. Hal ini sehingga menambah semaraknya Kampung Bugis yang sudah diperbaiki sebagai spot warga untuk berswafoto. Selain dari BDI Kotaku, melalui dana APBN PKP Kementerian PUPR kawasan Kampung Bugis ini sudah ditata lebih indah. Kini Kampung Bugis yang pada tahun awal 2018 masih menyisakan kumuh seluas 18,92 Ha melalui intervensi Program Kotaku dan kolaborasi sudah tidak kumuh lagi.

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.