Beranda Warta Cerita BKM Imbi Mandiri Jayapura dan Pertamina Kolaborasi Bangun Bank Sampah

BKM Imbi Mandiri Jayapura dan Pertamina Kolaborasi Bangun Bank Sampah

Comments (0) View (147)

Hari ini kami mengajak genk semua #JalanJalankeKotaku ke Kelurahan Imbi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Mengubah perilaku memang tidak semudah membalik telapak tangan. Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano pun sering mengingatkan dalam berbagai kesempatan, perlu dilakukan perubahan perilaku masyarakat di Kota Jayapura melalui pemicuan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang dapat melibatkan masyarakat secara langsung, terlebih khusus masyarakat yang berada di lokasi kawasan kumuh dan di sempadan sungai dan di tepi pantai.

Menjawab hal tersebut Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bersama BKM Imbi Mandiri dan Pemerintah berinisiatif untuk membangun bank sampah sebagai solusi. Gagasan tersebut mendorong BKM untuk berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) karena lokasi kantor Pertamina berada di wilayah Kelurahan Imbi. Upaya tersebut mendapat sambutan dan kerja sama yang diimpikan pun terwujud. Dibangunlah Bank Sampah "Imbi Mandiri" yang mulai beraktivitas pada 9 Juli 2019. Rencananya, launching secara resmi bank sampah ini akan dilakukan oleh Wali Kota Jayapura.

Keberadaan Bank Sampah Imbi Mandiri terbukti sangat membantu masyarakat dan lingkungannya. Secara tak langsung warga disarankan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, dan bahwa sampah dapat dijadikan sesuatu yang bernilai ekonomis. Sampah yang terkumpul dijual ke bank sampah dan pihak nasabah mendapatkan buku tabungan yang dapat meningkatakan pendapatan. Di hari pertama beroperasi, antusiasme warga menjual sampah botol sangat tinggi.

Diharapkan, dengan adanya bank sampah ini dapat mendorong kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat di kawasan kumuh, khususnya di lokasi sekitar bank sampah. Sampah yang dikelola tak hanya membuat permukiman jadi lebih bersih, nyaman, dan sehat tapi juga bisa memberi penghasilan tambahan bagi masyarakat yang berpartisipasi. [Papua]

Penulis: Alfons Saning, SE, Korkot Jayapura, OSP Kotaku Provinsi Papua

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.