Beranda Warta Berita Persiapan Skala Kawasan, Kasubdit Wilayah 1 Direktorat PKP Kunjungi 6 Kota

Persiapan Skala Kawasan, Kasubdit Wilayah 1 Direktorat PKP Kunjungi 6 Kota

Berita Aceh Sumatra Barat Kepulauan Riau Comments (0) View (102)

Kepala Subdit Wilayah 1 Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ignatius Widyananda Wulanedy mengunjungi beberapa kota yang sedang mempersiapkan pelaksanaan kegiatan skala kawasan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Kunjungan tersebut bertujuan guna memastikan kesiapan pemerintah daerah (pemda) dan lokasi yang menjadi rencana penanganan kegiatan.

Pada kesempatan kunjungan itu, Ignatius bertemu dengan kepala daerah dan membangun kesepakatan dalam pelaksanaan kegiatan skala kawasan. Kota-kota yang dikunjungi tersebut adalah Aceh Tamiang, Pidie, Langsa, Batam, Bukit Tinggi, dan Kota Padang. Pada kesempatan pertemuan dengan kepala daerah di kota-kota itu disepakati beberapa hal terkait penanganan warga terdampak, dokumen LARAP, timeline penanganan kawasan, dan target lelang.

Pria yang akrab disapa "Iggy" ini meninjau langsung lokasi kegiatan dan berdiskusi secara detil dengan pemda terkait permasalahan dan rencana kegiatan yang akan dilakukan. Kunjungan tersebut didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kotaku 2 Martyanti Sianturi, yang mengawal langsung kegiatan skala kawasan untuk wilayah yang dibiayai dari loan Islamic Development Bank (IsDB) ini.

Rencananya, kegiatan skala kawasan Program Kotaku akan dilaksanakan di 94 kota se-Indonesia. Saat ini progres penyusunan desain kawasan, dari 94 kota itu baru 43 kawasan yang desainnya sudah disetujui Program Manajemen Unit (PMU). Capaian tersebut terus dikejar melalui verifikasi terhadap beberapa aspek, terutama analisis kawasan, dukungan pemda, dan skenario pembangunan kawasan. Termasuk penyusunan dokumen teknis, yang diharapkan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, sehingga pelaksanaan kegiatan skala kawasan bisa dilakukan dengan memenuhi persyaratan keamanan lingkungan dan sosialnya.

Dana skala kawasan Program Kotaku ini dialokasikan untuk bisa dimanfaatkan dengan optimal agar kegiatan yang dilaksanakan bisa berdampak dan berkelanjutan sesuai visi dan misi awal dilakukannya penataan kawasan tersebut. [KMP-1]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Tim Komunikasi KMP Kotaku Wil. 1

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.