Beranda Warta Berita Segera Bangun MCK Umum, Kotaku Pandeglang Gelar Sosialisasi

Segera Bangun MCK Umum, Kotaku Pandeglang Gelar Sosialisasi

Banten MCK Infrastruktur Berita Comments (0) View (158)

Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menghadapi permasalahan air bersih dan sanitasi yang cukup berkepanjangan. Untuk itu, melalui dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2019, akan segera dibangun Mandi Cuci Kakus (MCK) umum dan Sarana Air Bersih (SAB) di desa ini.

Namun, sebelum realisasi pembangunan dilakukan, masyarakat setempat diberi arahan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) 17 guna membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih, sanitasi yang baik dan benar secara teknis, serta bagaimana pemeliharaannya. Kegiatan sosialisasi tingkat basis tersebut digelar di RT 01 RW 09 Kampung Sindang Kramat, Desa Cigondang, Kamis (29/9) kemarin.

Sosialisasi sekaligus pembekalan bagi Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) itu bertujuan untuk membahas aturan bersama dalam operasional pemeliharaan bangunan SAB dan MCK. Acara dihadiri oleh pihak desa, ketua RT, RW, koordinator BKM, serta Ketua Karang Taruna. Ketua Operasional Pemeliharaan (OP) Jamani mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga Kampung Sindang Kramat, karena masih banyak rumah setempat yang tidak memiliki MCK. Ketika musim kemarau tiba, masyarakat juga kesulitan mendapatkan air bersih.

Hasil dari kegiatan sosialisasi, menurut Jamani, masyarakat sepakat mengenai iuran pemeliharaan bangunan MCK dan SAB senilai Rp 20.000 per bulan. Harapan warga, pembangunan SAB dan MCK senilai Rp 288.953.000 ini bisa segera selesai dan langsung dimanfaatkan oleh 27 KK setempat. [Banten]

Penulis: Tim Komunikasi OC Kotaku Provinsi Banten

Editor: Vhany Medina/Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.