Beranda Warta Berita “Nakhoda” Sibolga Hadiri Aksi Penanganan Kumuh

“Nakhoda” Sibolga Hadiri Aksi Penanganan Kumuh

Berita Sumatra Utara Sibolga Kunjungan Lapangan Comments (0) View (268)

Sosok pemerintah daerah sebagai nakhoda menjadi nyata di Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatra Utara. Tengok saja saat Wali Kota Sibolga M. Syarfri Hutauruk mendatangi langsung kegiatan penanganan kumuh berupa pembangunan saluran air limbah dan jalan setapak di Lingkungan II, Kelurahan Aek Parombunan, Jumat, pertengahan Agustus silam. Syarfi tentu tak sendirian. Dia didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan Agus Saleh, Camat Sibolga Selatan Dedy Rachmad Saleh Lubis, Lurah Aek Parombunan Reynheard Simbolon, perwakilan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) kelurahan.

Syarfri mengaku datang untuk memantau aksi badan keswadayaan masyarakat setempat yang melaksanakan pembangunan berbasis Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 2 miliar. Dia berharap masyarakat mau ikut terlibat dalam pembangunan dan saling bekerja sama. Alasannya jelas, pembangunan tersebut untuk masyarakat yang hasilnya pun buat warga sekitar. Berdasarkan perencanaan, fokus pembangunan fisik penanganan kumuh di Kelurahan Aek Parombunan meliputi saluran air limbah dan saluran drainase lingkungan.

BKM setempat pun diminta tetap penuh semangat. Apalagi, Syarfri menambahkan, kehadiran Program Kotaku terbukti sangat membantu di Kota Sibolga, khususnya Kelurahan Aek Parombunan dalam mengentaskan kumuh. Dia berangan-angan, Program Kotaku tetap berlanjut di masa mendatang, hingga kumuh 0 persen.

Harapan itu memang bak gayung bersambut. Sebab sejak awal Program Kotaku hadir untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan. Tujuannya adalah mewujudkan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

Sibolga adalah satu dari sejumlah kota di lintas timur Provinsi Sumatra Utara yang mendapatkan bantuan Program Kotaku dari 2007 hingga 2019 ini. Sedianya, penanganan kumuh di wilayah tersebut bakal tuntas sesuai target perencanaan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi bidang sosial, ekonomi, dan infrastruktur yang semuanya sudah diwujudkan di beberapa kelurahan, khususnya sembilan kelurahan yang Surat Keputusan Kumuh Kelurahan, dari Wali Kota Sibolga. Ke-9 kelurahan tersebut adalah Kelurahan Angin Nauli, Sibolga Ilir, Pancuran Dewa, Pancuran Kerambil, Huta Barangan, Aek Manis, Pancuran Bambu, Aek Parambunan, dan Kelurahan Aek Habil. [Sumut]


Penulis: Nurhalimah Nasution, Asisten Kota Financial Institution and Collaboration Korkot 4 Cluster Sibolga, OC 02 Kotaku Provinsi Sumatra Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.