Beranda Warta Cerita Ketika Kabalai Rajin Sosialisasikan Program Kotaku

Ketika Kabalai Rajin Sosialisasikan Program Kotaku

Cerita BPPW Bangka Belitung Comments (0) View (238)

Tokoh kita kali ini adalah sosok Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bangka Belitung (Babel) Miarka Risdawati. Wanita yang telah 14 tahun berkarier di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satker Penyehatan Lingkungan Permukiman di Provinsi Kepulauan Babel.

Hal pertama sebagai Kepala BPPW Babel, yang dilakukan Bu Cika—begitu sapaan akrabnya—adalah turun dan melihat langsung ke lapangan semua kegiatan yang sudah dilakukan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Ia juga berdialog dengan masyarakat tentang manfaat program dan berkoordinasi dengan Konsultan Kotaku guna menjelaskan tentang tujuan, sasaran dan kebijakan-kebijakan Program Kotaku. Wanita 44 tahun itu dikenal juga gemar berkoordinasi dengan kepala daerah. Ia selalu hadir setiap diundang kegiatan Kotaku, seperti lokakarya, rapat koordinasi, bahkan gotong royong yang dilakukan masyarakat, sembari tetap aktif mensosialisasikan Program Kotaku. Pengawalan terhadap Program Kotaku ditunjukkannya dengan mengirimkan utusan untuk meliput berita kegiatan Kotaku, yang kemudian dipublikasikan di media sosial BPPW Babel.

Terkait kegiatan skala kawasan, Bu Cika berkoordinasi lewat grup messenger whatsapp yang beranggotakan tim skala kawasan Konsultan Manajemen Pusat (KMP) Kotaku, Tim Skala Kawasan BPPW—kepala balai, kasie perencanaan dan staf, Satker PPW, pejabat pembuat komitmen (PPK) Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) dan staf, kelompok kerja (Pokja) PKP kabupaten/kota, Satker Pengembangan Infrastruktur Permukiman (PIP) dan PPK, Tim Kotaku provinsi dan kabupaten/kota. Dengan begitu, informasi dan permasalahan terkait skala kawasan langsung diketahui Bersama.

Dari tiga kota prioritas, Kota Pangkalpinang sudah lelang dan masuk tahap Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa, Kabupaten Bangka pada tahap Penyusunan Dokumen Lelang, sedangkan Kabupaten Belitung dalam proses tahap perencanaan teknis setelah lokasi disetujui Agustus lalu. Berkaitan dengan kegiatan skala lingkungan adanya tim pemantau khusus dari balai yang selalu mengupdate pelaporan rutin kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) 2019.

Harapan Bu Cika, pemda selalu bisa berkomunikasi intens, dan menjadi “nakhoda” dalam mewujudkan permukiman layak huni. Selain itu, masyarakat dan KPP juga tetap berjalan menjaga lingkungannya, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun permukiman di Provinsi Kepulauan Babel. [Babel]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Tim Komunikasi OC 4 Program Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.