Beranda Warta Berita Kabupaten Kolaka Sah Skala Kawasan Penanganan Kumuh

Kabupaten Kolaka Sah Skala Kawasan Penanganan Kumuh

Berita Sulawesi Tenggara Kolaka Pemda Comments (0) View (434)

Aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, melaksanakan prosesi peletakan batu pertama kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh, pertengahan September 2019. Upacara peletakan batu pertama itu dihadiri langsung Bupati Kabupaten Kolaka Ahmad Safei beserta jajarannya. Kabupaten Kolaka adalah daerah yang memperoleh bantuan Program Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Skala Kawasan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2019.

Pada acara tersebut Ahmad Safei didampingi Kepala perwakilan Balai Pengembangan Permukiman Provinsi Sultra, anggota Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) Kabupaten Kolaka, dan wakil Oversight Service Provider (OSP) 10 Sultra, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kolaka.

Ahmad mengaku bersyukur. Sebab dari banyak daerah yang mengajukan diri, Kabupaten Kolaka justru yang terpilih untuk mendapatkan bantuan dana Skala Kawasan. Atas dasar itulah, Ahmad menabahkan, dukungan penuh diberikan demi mencapai target pembangunan yang telah disepakati. Selain itu, kerja sama dari semua pihak menjadi penting, bukan semata urusan pemerintah daerah.

Sedianya, di lokasi peletakan batu pertama tersebut akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) yang difasilitasi dengan taman bermain serta fasilitas olahraga. Ahmad berharap, lokasi itu akan menjadi monumen Kota Kolaka. Areal ini pun bisa berfungsi sebagai arena pusat kegiatan masyarakat Kolaka dan para pendatang dari luar kabupaten.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kolaka yang juga Koordinator Pokja PKP Kab. Kolaka Abbas mengamini Ahmad. Namun dia merinci, Program Kotaku Skala Kawasan ini berbeda dengan yang Skala Lingkungan. Areal cakupan Skala Kawasan jauh lebih luas dan dipastikan mengubah wajah kota ke arah yang lebih baik pascapelaksanaan kegiatan.

Menurut Abbas, lewat kegigihan dan usaha keras dengan empat kali pemaparan kepada Tim Project Management Unit dan Bank Dunia-lah yang menjadikan Kabupaten Kolaka layak mendapatkan status Skala Kawasan. Perjuangan pun sudah dirintis dengan mengedepankan kolaborasi bersama pihak swasta, seperti PT Aneka Tambang, Tbk. Perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemerintah Indonesia ini berkomitmen memberikan bantuan pembangunan kembali 30 rumah tidak layak huni (RTLH) di dua kelurahan di Kabupaten Kolaka. Nilai pembangunan setiap rumah dipatok sebesar Rp 10 juta. [Sultra]

Penulis: Indra Lestari, Sub Prof Komunikasi OSP 10 Program Kotaku Provinsi Sulawesi Tenggara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.