Beranda Warta Berita Tinjau Pelaksanaan NSUP, Tim IsDB Kunjungi Pangkalpinang dan Bangka

Tinjau Pelaksanaan NSUP, Tim IsDB Kunjungi Pangkalpinang dan Bangka

Berita Kunjungan Lapangan IsDB Pangkalpinang Bangka Belitung Bangka Comments (0) View (565)

Guna meninjau pelaksanaan National Slum Upgrading Program (NSUP) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, rombongan Islamic Development Bank (IsDB): Procurement Management IsDB Adi Dipo dan Strategy & Program Managenent Special Islamic Solidarity Fund for Development Muhamed Ishtiaq Akbar; Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengunjungi lokasi dampingan Program Kotaku di Kepulauan Bangka Belitung, pada Rabu (25/9).

Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) yang diwakili oleh Kasie Pelaksanaan Era Puspita, Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi dan kabupaten/kota, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang Suparyono, Kepala Bappeda Kota Pangkalpinang Agung Yubi Utama, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bangka M. Jumani, camat, lurah, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), penerima manfaat dan warga lainnya.

Selain itu, rombongan juga memantau tindak lanjut pengawasan dan detail progres pekerjaan pada kegiatan peningkatan kualitas permukiman kumuh skala Kawasan Opas Indah dan Gedung Nasional Kota Pangkalpinang, serta perencanaan kegiatan peningkatan kualitas permukiman kumuh Skala Kawasan Nelayan 1, Kabupaten Bangka.

Rombongan menunjungi hasil pelaksanaan kegiatan BPM 2019 di Kelurahan Parit Lalang, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, disambut oleh Koordinator BKM An Nur Ruwani. Ia memberi penjelasan kepada Tim IsDB terkait kondisi Kelurahan Parit Lalang, profil BKM, dokumen perencanaan RPLP, permasalahan, penetapan lokasi dan kegiatan BPM 2019, kegiatan ekonomi bergulir, pelatihan masyarakat, dan penjelasan lainnya.  Rombongan juga berdialog dengan masyarakat setempat.

Lokasi berikutnya yang dikunjungi adalah Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Hasan Basri bersama anggota BKM OPIN dan masyarakat Kelurahan Opas Indah menyambut kedatangan, serta memberikan penjelasan tentang kegiatan BDI tahun 2017 dan 2018 yang terhubung dengan kegiatan skala kawasan. Ada juga pembangunan rumah layak huni dari APBD provinsi dan APBD kota, kegiatan IPAL komunal Sanimas, kegiatan kolaborasi lainya, swadaya masyarakat yang ada di rencana kegiatan skala kawasan, kondisi awal sebelum penataan Program Kotaku dan sesudah intervensi program, serta rencana kegiatan skala kawasan dan manfaat/kontribusinya. 

Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Kepala Bappeda Kota Pangkalpinang turut memberikan penjelasan kontribusi pemerintah pada lokasi skala kawasan yang dititikberatkan pada penanganan sampah, di mana setiap kelurahan dialokasikan kendaraan sampah yang akan mengurangi kekumuhan pada aspek persampahan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Syihabudin memimpin langsung kegiatan kunjungan, menemani rombongan menelusuri jalan yang dibangun melalui kegiatan BDI 2017 dan 2018, serta menjelaskan rencana kegiatan skala kawasan di Kelurahan Sungailiat. Di akhir kegiatan, Muhamed Ishtiaq Akbar dari IsDB berharap agar kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang besar serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. [Babel]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Yusuf Efendi, TA Pelatihan OC Program Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.