"> ">
Beranda Warta Cerita Profil Tokoh Kotaku: Kasatker PIP Kota Pontianak

Profil Tokoh Kotaku: Kasatker PIP Kota Pontianak

Cerita Tokoh Kalimantan Barat Pontianak Sosok Comments (0) View (149)

Di edisi "Tokoh Kotaku" kali ini menampilkan Kepala Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kota Pontianak Basuki Riyanto. Pak Bas, begitu ia biasa dipanggil, bertugas di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sejak 1997, dan diamanahi menjadi Satker PIP mulai 2017.

Sosoknya dikenal dekat dengan pendamping Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), baik di tingkat provinsi (OC), provinsi (Korkot), Faskel, hingga badan keswadayaan masyarakat (BKM) se-Kota Pontianak. Bahkan, sebagian masyarakat wilayah dampingan Program Kotaku cukup dekat dengannya. Ini karena Pak Bas memenuhi perannya sebagai anggota Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Pontianak dengan baik. Ia selalu meluangkan waktunya untuk menghadiri setiap kegiatan yang berhubungan dengan pembahasan penanganan kumuh, kunjungan lapangan, atau mendampingi tamu dari provinsi atau pusat di lokasi Program Kotaku.

Pria berpenampilan sederhana ini juga dikenal tidak harus selalu formal dalam berkoordinasi atau berkonsultasi. Gaya bicaranya tenang tapi to the point. Di setiap pertemuan, ia selalu memberikan sumbangan pikiran dan hal tersebut konsisten dilakukannya sejak awal ia menjadi relawan anggota Komunitas Belajar Perkotaan (KBP), sepanjang berjalannya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Pontianak. Tak heran, Pak Bas sangat memahami semua hal yang berkaitan dengan subtansi program pemberdayaan yang mengedepankan kepedulian serta partisipasi aktif pemda dan masyarakat.

Pak Bas berpegang pada prinsip bahwa pelaksanaan akan benar jika perencanaannya benar, dan perencanaan akan benar jika datanya benar. Apalagi yang menyangkut dengan data infrastruktur, ia akan berusaha meluangkan waktu untuk meninjau langsung ke lokasi yang akan dibangun, karena rasa tanggung jawabnya yang besar bahwa kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat harus berdampak pada pengurangan kumuh.

Tak jarang, ia turun sendiri ke lapangan dalam rangka verifikasi kegiatan, bahkan mensosialisasikan kepada warga. Salah satunya "Kegiatan Sosialisasi Penanganan Kumuh Skala Kawasan di Kota Pontianak", meski saat libur sekalipun. Bahkan, tampaknya Pak Bas menganggap kehadirannya dalam pertemuan di tingkat kelurahan, kunjungan lapangan, berkomunikasi dengan warga masyarakat, adalah rekreasi dan hiburan tersendiri untuk menghilangkan kepenatan atas beban pekerjaan yang cukup banyak.

Salut, Pak Bas! [Kalbar]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Tim Komunikasi OC 7 Program Kotaku Kalimantan Barat

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.