Beranda Warta Berita Jawa Tengah Gelar Workshop Kotaku Tingkat Provinsi

Jawa Tengah Gelar Workshop Kotaku Tingkat Provinsi

Berita Workshop Lokakarya Provinsi Jawa Tengah Semarang BPPW Comments (0) View (109)

Guna mengetahui, memahami capaian dan target penanganan kumuh di Jawa Tengah, serta mengetahui dan memahami kebijakan dan strategi program, kebijakan dan strategi pemerintah daerah dalam penanganan kumuh, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah bersama Oversight Service Provider (OSP) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Jawa Tengah 1 dan 2 menyelenggarakan Workshop Program Kotaku Tingkat Provinsi di Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala BPPW Jawa Tengah Sugiharjo ini berlangsung pada 1 Oktober hingga 3 Oktober 2019.

Tujuan lain kegiatan ini adalah mengetahui dan memahami strategi pelaksanaan kegiatan skala kawasan dan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan berbagai stakeholder; serta mengetahui dan memahami isu-isu strategis penanganan kumuh dan menentukan mekanisme koordinasi dan konsolidasi sebagai bagian dari sinergi kolaborasi penanganan kumuh di Jawa Tengah.

Dalam kegiatan dilaksanakan panel dengan empat narasumber yang membawakan materi sebagai berikut. Materi pertama tentang "NSPK Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman" dari Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang disampaikan oleh Asri Parawita.

Materi kedua adalah "Kebijakan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Provinsi Jawa Tengah", yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Arief Friyoga.

Materi ketiga "Kebijakan Daerah Provinsi Jawa Tengah" oleh Bappeda Provinsi Jateng, Debby Triasmoro. Sedangkan materi keempat, "Kebijakan, Target, dan Capaian Program Penanganan Kumuh dalam Program Kotaku di Jawa Tengah". Adapun moderator adalah Tenaga Ahli Financial and Colloration (FIC) OSP 1 Kotaku Jawa Tengah Edy Setiawan.

Seperti diketahui, dalam penanganan kumuh, Program Kotaku menggunakan pendekatan sinergi antara pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), Penguatan peran pemda sebagai "Nakhoda" serta kolaborasi antara pemda dan pemangku kepentingan lainnya di kabupaten/kota. Penanganan kumuh yang dilakukan di Jawa Tengah menggunakan dua pendekatan, yakni "Pencegahan" dan "Peningkatan Kualitas".

Pendekatan "Pencegahan" adalah pola yang dilakukan guna menghindari tumbuh dan berkembangnya perumahan dan permukiman kumuh baru. Dalam rangka pencegahan, kegiatan yang akan dilakukan terdiri atas Pengawasan dan Pengendalian, serta Pemberdayaan Masyarakat.

Pendekatan "Peningkatan Kualitas" adalah pola penanganan peningkatan kawasan kumuh, yang terdiri atas Pemugaran, Peremajaan, dan Permukiman Kembali.

Pemerintah Indonesia, melalui Dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) mengalokasikan sebesar Rp 286,5 miliar untuk 224 desa/kelurahan se-Provinsi Jawa Tengah, terdiri atas 129 desa/kelurahan dampingan OSP-1 Kotaku Jawa Tengah, dan 95 desa/kelurahan dampingan OSP-2 Kotaku Jawa Tengah. [Jateng]

Disarikan dari informasi media sosial Tim Komunikasi OSP 1 Kotaku Jawa Tengah dan OSP 2 Kotaku Jawa Tengah

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.