Beranda Warta Berita Bantaeng Berkolaborasi Bentuk Bank Sampah Mangga Family

Bantaeng Berkolaborasi Bentuk Bank Sampah Mangga Family

Berita Sulawesi Selatan Bantaeng Pengelolaan Sampah Bank Sampah Comments (0) View (95)

Kondisi darurat sampah di kawasan Kampung Toa, Kelurahan Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi perhatian bersama yang perlu ditangani secara serius seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Seperti yang digagas Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pantai Selatan dan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Mangga Family dengan mendirikan bank sampah berikut pengurusnya. Prosesi peluncuran penimbangan sampah para nasabah pertama kali digelar pada pertengahan September silam.

Di hari pertama penimbangan yang dihadiri Bupati Bantaeng Ilham Azikin dan beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah setempat itu sedikitnya ada 10 anggota rumah tangga datang sebagai “nasabah”. Mereka membawa sampah kering seperti karton, kertas, atau botol plastik untuk ditabung.

Menurut Ilham, permasalahan sampah di Kampung Toa bisa teratasi berkat bank sampah. Selain itu tata kelola sampah pun mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan menjalankan proses konversi sampah menjadi uang.

Bank Sampah Mangga Family pun berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pegadaian. Awalnya, bentuk kerja sama tersebut berupa pembiayaan pertemuan, pembangunan bank sampah, dan tata administrasi.

Keberadaan Bank Sampah Mangga Family tak serta merta terbangun. Upaya sosialisasi dimulai melalui beberapa pertemuan dengan warga, menyoal kebersihan dan pengelolaan persampahan dengan narasumber pemapar dari wakil Dinas Lingkungan Hidup dan pemerintah Kelurahan Tappanjeng. Di pertemuan berikutnya, mulailah disosialisasikan keberadaan bank sampah, dan pembentukan pengurus bank sampah. Kali ini para pembicara berasal dari wakil Dinas Lingkungan Hidup, wakil Bank Sampah Induk, dan perwakilan Kantor Pegadaian setempat.

Dalam hubungan kerja sama tersebut, pihak Pegadaian bakal bergandeng tangan dengan pengurus bank sampah. Nantinya, sampah yang dikumpulkan dalam bentuk tabungan ditukar dengan emas sesuai nilai yang disepakati.

Bank Sampah Mangga Family pun berkreasi. Demi meningkatkan motivasi masyarakat untuk menabung sampah, pengurus bank sampah menyelenggarakan doorprize, berupa pengundian berhadiah bagi nasabah-nasabah bank sampah. [Sulsel]

Penulis: Dedy Irwanto, Fasilitator Sosial, Kab. Bantaeng OSP Program Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.