Beranda Warta Cerita Lorong Melur Jadi Contoh Kampung Sehat

Lorong Melur Jadi Contoh Kampung Sehat

Cerita Riau Indragiri Hilir Infrastruktur Kolaborasi Lorong Melur Comments (0) View (153)

Lorong Melur, rencananya, akan dijadikan sebagai kampung percontohan dalam bidang kesehatan. Hal ini merupakan dampak dari suksesnya masyarakat Lorong Melur menangani kekumuhan di lokasi tersebut. Lorong yang terletak di Kelurahan Tembilahan Hilir, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau ini merupakan salah satu lokasi dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Sebelumnya, Lorong Melur, tempat di RT 002/RW 003 Kelurahan Tembilahan Hilir ini menghadapi permasalahan kumuh, seperti sanitasi tidak layak, akses air bersih tidak tersedia, drainase tidak memadai yang mengakibatkan banjir, dan kualitas jalan rusak. Pada 2018, Program Kotaku memberikan bantuan dana investasi (BDI) yang digunakan untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur di Lorong Melur, yaitu jalan beton, drainase lingkungan, dan sumur bor. Lokasi ini juga mendapatkan penanganan oleh Program Sanimas yang melakukan penanganan pada bidang Sanitasi.

Masyarakat Lorong Melur menyambut semangat dan antusias mengubah daerahnya menjadi lebih berwarna serta indah dipandang mata dan bermanfaat bagi 99 KK setempat. Dengan adanya kegiatan infrastruktur skala lingkungan dari Program Kotaku, sosial ekonomi masyarakat makin meningkat.

Dampak lainnya, warga kini makin sering bercengkrama di halaman rumah yang sudah indah, dihiasi bunga-bunga. Anak-anak juga dapat dengan leluasa bermain di halaman rumah mereka. Beberapa rumah ternyata bisa membuka usaha di depan rumah masing-masing. Diharapkan, ke depannya akan lebih banyak lagi program-program yang berkolaborasi untuk meningkatkan kualitan penghidupan di Lorong Melur. [Riau]

Dokumentasi lainnya:

    

 

Penulis: Sari Wahyuni, Fasilitator Sosial Tim 06 Indragiri Hilir, OC 3 Program Kotaku Provinsi Riau

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.