Beranda Warta Berita Program Kotaku Jombang Gelar Pelatihan Tukang Bersertifikasi

Program Kotaku Jombang Gelar Pelatihan Tukang Bersertifikasi

Berita Jawa Timur Jombang Sertifikasi Tenaga Kerja Comments (1) View (147)

Peningkatan kapasitas menjadi niscaya karena kemampuan dan keahlian akan menjadi bekal dalam menjalani hidup. Atas dasar itulah Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menyelenggarakan pelatihan tukang bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi (Jakon) Surabaya, menjelang pertengahan Oktober silam. Pembukaan Sertifikasi Tukang Program Kotaku Cluster 02 Jombang dilakukan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang Heru Widjajanto di Aula Balai Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. “Pelatihan sertifikasi tukang ini mendukung visi bupati untuk menjadikan Jombang berdaya saing dan berkarakter,” kata Heru.

Pelatihan tersebut sejalan dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan harapan mampu menghasilkan kualitas infrastruktur yang baik. “Dari pelatihan sertifikasi tukang ini akan didapat sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar Heru menambahkan. Momentum pelatihan sertifikasi tukang juga dihadiri perwakilan Dinas Perkim Jatim, forum komunikasi se-Kabupaten Jombang, perwakilan Balai Jakon Surabaya, wakil dari Kantor Kecamatan Mojoagung, pelaku Oversight Service Provider (OSP) 3 Provinsi Jatim, dan 34 orang tukang yang berasal dari Jombang dan Nganjuk.

Sertifikasi Tukang Program Kotaku Cluster 02 Jombang dilaksanakan lewat dua tahap. Bagian pertama adalah wawancara tukang dengan Balai Jakon. Urutan berikutnya adalah praktik lapangan untuk pemasangan U-Ditch. Sedianya, para peserta yang dinyatakan lulus pelatihan bakal mendapatkan sertifikasi kompetensi.

Harapan pelatihan sertifikasi tukang adalah meningkatkan kapasitas tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan pemilik sertifikat, dan memberikan hasil pekerjaan yang tentunya lebih berkualitas. “Kegiatan ini bisa menjadikan ahli dan berkompeten dalam melaksanakan kegiatan di lapang,” cetus Heru.

Suyono mengamini. Peserta dari Kabupaten Nganjuk itu mengaku baru sekarang mengikuti pelatihan yang memiliki sertifikasi keahlian dalam pertukangan. Kemampuan yang dimiliki sebelumnya semakin terasah lewat pelatihan tukang kali ini. “Memperoleh sertifikasi kompetensi, tambah pede. Dan rasanya senang banget,” kata Suyono gembira. [Jatim]

Penulis: Ellyn Citra Putranti, Asisten Kota MK - Cluster 02 Kabupaten Jombang Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

1 Komentar


  1. Posted by akhmad_robby | Nov 5, 2019

    Mantab ....

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.