Beranda Warta Berita Kasatker IBM Tegaskan 6 Aspek Tugas dan Tanggung Jawab TMC

Kasatker IBM Tegaskan 6 Aspek Tugas dan Tanggung Jawab TMC

Berita Kasatker IBM TMC Rakor Comments (0) View (181)

Melakukan review dan menyelesaikan dokumen detail engineering design (DED) infrastruktur Skala Kawasan yang disiapkan pemda sesuai kelayakan standar teknis serta memastikan terpenuhinya pengamanan dampak lingkungan dan sosial merupakan dua dari enam aspek tugas dan tanggung jawab Technical Management Consultant (TMC). Hal ini ditegaskan Kepala Satuan Kerja (Satker) Infrastuktur Berbasis Masyarakat (IBM) Mohammad Fakhrur Rifqie, dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Skala Kawasan Program Kotaku.

Acara yang diselenggarakan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah ini digelar di di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada 24-25 Oktober 2019 dan diikuti oleh Satker Pelaksanaan Prasara Permukiman DI Yogyakarta, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Prasara Permukiman DI Yogyakarta, Satker Pelaksanaan Prasara Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jateng, PPK Pelaksanaan Prasara Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jateng, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kendal, dan Kota Semarang, bersama konsultan pendamping dari kota/kabupaten masing-masing.

Rifqie melanjutkan, empat aspek tugas dan tanggung jawab TMC lainnya adalah membantu penyiapan dokumen pengadaan (lelang) sesuai ketentuan program, melaksanakan supervisi pekerjaan fisik infrastruktur skala kawasan, melaksanakan supervisi pekerjaan fisik infrastruktur skala kawasan, serta membantu alih kelola aset (BMN) ke Pemerintah Daerah (BMD).

Menurut Rifqie, ada banyak hal yang harus diperbaiki bersama berkaitan dengan perbaikan kinerja Pelaku Kotaku: Korkot, OSP, TMC Regional dan TMC kabupaten/kota. Juga peningkatan koordinasi antara Korkot, OSP, TMC, dengan Pemda, BPPW, dan PMU. Selain itu, percepatan finalisasi dokumen teknis untuk paket-paket yang ditargetkan lelang dini dan lelang 2020; Pengawasan dan pengendalian pelaksanaan konstruksi sesuai dengan jadwal dan target yang ditentukan; terakhir, peningkatan sistem monitoring dan pelaporan kepada BPPW dan PMU. [KMP-2]

Dokumentasi lainnya:

     

Penulis: Iroh Rohayati Fatah, TA Komunikasi KMP Kotaku wil. 2

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.