Beranda Warta Berita Hari Habitat Ternate Bangkitkan Generasi Peduli Sampah

Hari Habitat Ternate Bangkitkan Generasi Peduli Sampah

Berita Ternate Maluku Utara Hari Habitat Dunia HHD 2019 Comments (0) View (156)

“Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Sampah” menjadi tema Hari Habitat 2019 di Maluku Utara. Peringatan Hari Habitat tersebut diselenggarakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Malut melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Makassar Timur, Ternate, Selasa (29/10). Partisipasi yang dilaksanakan di kelurahan lokasi sasaran Skala Kawasan Program Kotaku kali ini dilakukan melalui kegiatan bersih sampah di areal permukiman dan tepi pantai.

Banyak pihak terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Mulai dari jajaran BPPW Malut, perwakilan Balai Wilayah Sungai Malut, wakil dari Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Malut, perwakilan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Ambon, hingga masyarakat setempat di Kelurahan Makassar Timur. Aksi bersih sampah seperti ini diharapkan menjadi langkah awal membangkitkan kesadaran generasi muda setempat untuk peduli lingkungan yang bersih dan sehat serta layak huni buat semua.

Peringatan Hari Habitat Sedunia 2019 ini mengusung tema besar “Cities and Climate Change”, Kota dan Perubahan Iklim. Konsep tersebut mengungkap perubahan iklim yang berlangsung cepat menjadi tantangan terbesar pembangunan di abad 21. Menurut UN Habitat Global Report in Human Settlements 2011 dengan fokus kota dan perubahan iklim menyebutkan bahwa emisi gas rumah kaca yang dihasilkan aktivitas perkotaan memberikan kontribusi hingga 70 persen polusi dunia. Sebagian besar polusi didapat dari konsumsi bahan bakar fosil untuk listrik, transportasi, penggunaan energi pada gedung-gedung komersial, perumahan, industri, serta sampah.

Hari Habitat Sedunia ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 1985, dan mulai diperingati pertama kali setahun kemudian di Nairobi, Ibu Kota Kenya. Peringatan Hari Habitat Sedunia bertujuan untuk merefleksikan keadaan perkotaan dan pemenuhan hak dasar untuk memiliki tempat tinggal yang memadai. Momentum perdana peringatan Hari Habitat Sedunia mengusung tema “Shelter is My Right, Rumah adalah Hak Kami”. Sejak itu, penyelenggaraan peringatan saban tahun mengangkat tema berbeda yang mengangkat kondisi terkini global.

UN Habitat juga menyelenggarakan Global Observance, yaitu pengamatan global atas prakarsa peningkatan kualitas permukiman di kota terpilih. Selain itu lembaga dunia ini juga mempersembahkan Habitat Scroll of Honour, penghargaan kepada perorangan atau organisasi yang berjasa dan dapat menjadi teladan pengembangan permukiman.

Indonesia pernah dua kali menjadi pusat penyelenggaraan Hari Habitat. Yaitu pada 1989 dengan tema “Rumah, Kesehatan, dan Keluarga” serta pada 2005 dengan topik utama “Tujuan Pengembangan Milenium (MDG) dan Kota”. [Malut]

Dokumentasi lainnya:

    

 

Penulis: Fajar Syafruddin, Tenaga Ahli FIC Program Kotaku Provinsi Maluku Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.