Beranda Warta Berita Aplikasi Zero Waste Warnai Hari Habitat NTB

Aplikasi Zero Waste Warnai Hari Habitat NTB

Berita NTB Mataram Comments (0) View (203)

Tema "Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Sampah" untuk Hari Habitat Dunia menginspirasi sejumlah wilayah di Tanah Air. Berbekal itu pula Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerapkan konsep nol sampah (zero waste) di wilayahnya. Peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia yang dibuka Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah diselenggarakan di kawasan Sungai Jangkuk, Ampenan, Kota Mataram, Kamis (31/10).

Ummi Rohmi, begitu Sitti Rohmi biasa disapa, mengapresiasi segala bentuk kegiatan peduli lingkungan. Namun dalam sambutannya itu dia meminta, kegiatan yang dilakukan jangan seremonial belaka. Tapi harus mampu memberikan dampak dan manfaat positif buat masyarakat, dan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. “Warisan bagi anak cucu kita adalah lingkungan terbaik bagi mereka,” kata Ummi Rohmi serius.

Bila pemerintah dan masyarakat bersungguh-sungguh menjaga lingkungan serta mengelola sampah, dia meyakini beberapa program NTB Zero Waste dapat terealisasikan. Seperti kampanye sosialisasi bank sampah dan pilah sampah dari rumah. "Mulai sekarang, dan tidak boleh nunggu lagi," cetus Ummi lagi.

Momentum peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia yang dihadiri sejumlah pemangku kepentingan setempat. Di antaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov NTB dan Pemerintah Kota Mataram, perwakilan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS), wakil Asosiasi Bank Sampah, termasuk warga setempat. Menurut Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Gede Suardiari, acara ini memang dipusatkan di wilayah pembangunan infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tepatnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Jangkok yang terbagi dalam 10 zona.

Team Leader Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Oversight Service Provider (OSP) 5 NTB Nur Hadi mengamini pandangan Wagub NTB. Apalagi, semangat zero waste sudah sejalan dengan visi utama Pemprov NTB. "Kami [Program Kotaku] sangat mendukung yang dilakukan Pemprov NTB saat ini," kata dia.

Lantaran itu pula, pemusatan acara peringatan di Sungai Jangkuk bukan tanpa alasan. Satu dari sejumlah program pembangunan infrastruktur Kemen PUPR, melalui Program Kotaku NTB, yang dipusatkan di DAS Jangkuk adalah upaya serius mewujudkan citra kawasan sungai bebas kumuh yang juga menjadi asa besar pemerintah setempat. "Saat ini Sungai Jangkuk pun sedang dalam proses penggarapan sebagai cikal bakal wisata sungai yang indah di NTB," cetus Nur.

Tim Program Kotaku NTB merekomendasikan kerja kolaboratif dan komunikatif secara terus menerus antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Kolaborasi ketiganya diharapkan mampu mengawal dan mensosialisasikan gagasan pentingnya tata ruang kota dan sosial yang rapi. Yang tentunya, berdampak bagi kepentingan kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya serta memberi manfaat yang besar bagi warga setempat.

Proyeksi memoles ulang wajah DAS Jangkuk pun diyakini menghadirkan dampak lanjutan terhadap ruang sosial positif yang dinamis dan sejahtera secara ekonomi karena keamanan dan kenyamanan dunia usaha telah tercipta. Di antaranya, buat menjadikan destinasi Kota Wisata Mataram yang berkonsep green riverside dan sunset road di pesisir pantai dan kota tua. Dan impian menjadikan Mataram bak 'Singapura' bisa menjadi nyata. Semoga. [NTB]

Penulis: Astar Hadi, Sub Tenaga Ahli Komunikasi OSP-5 Program Kotaku Provinsi Nusa Tenggara Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.