Beranda Warta Berita Syarat Lelang Skala Kawasan Banjarmasin: Dokumen Lengkap!

Syarat Lelang Skala Kawasan Banjarmasin: Dokumen Lengkap!

Berita Kalimantan Selatan Safeguard Banjarmasin BPN Comments (0) View (153)

Penerapan rencana Skala Kawasan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan perhatian serius. Sebab, ada sejumlah persyaratan penting, khususnya untuk lelang pekerjaan, dari penerapan konsep Skala Kawasan tersebut. “Yang menjadi poin penting ada pengurangan kumuh serta keberlanjutan operasional dan pemeliharaan serta pengelolaan limbah oleh PD PAL [Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah],” kata Kepala Project Management Unit (PMU)/Kepala Sub Direktorat Kawasan Permukiman Perkotaan Direktorat Perumahan dan Kawasasan Permukiman (PKP) Aswin di acara Lokakarya Percepatan Pelaksanaan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh RK-3 Kota Banjarmasin Program Kotaku/NSUP Provinsi Kalimantan Selatan di sebuah hotel di Banjarmasin, akhir Oktober 2019.

Aswin menambahkan, persyaratan tersebut adalah keharusan yang tidak bisa ditolak. Misalnya, dokumen izin lingkungan (safeguard). Selain itu soal lahan legal yang harus bersertifikat, atau ada patok dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Intinya, seluruh dokumen harus lengkap.

Lokakarya ini diselenggarakan Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) Provinsi Kalsel. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses kelengkapan dokumen sebagai syarat pelaksanaan lelang Skala Kawasan RK-3 Kota Banjarmasin.

Hadir pada acara ini wakil PKP Wilayah II, World Bank, perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel, dan perwakilan Satuan Kerja PKP Provinsi Kalsel. Dari pihak Pemerintah Kota Banjarmasin tampak wakil Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup (LH), PD PAL, Dinas PUPR, dan perwakilan konsultan dari Oversight Service Provider 6 Kalsel, wakil Koordinator Kota Banjarmasin, dan Technical Management Consultant (TMC) 5.

Lokakarya ini menyepati sejumlah hal dalam Rencana Tindak Lanjut dan Timeline Finalisasi Skala Kawasan RK-3 Kota Banjarmasin. Mulai dari rencana pengkajian ulang calon lokasi Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) bersama Dinas LH karena penanganan sampah di kawasan RK-3 (Kelayan Barat) masih diperlukan.

Selanjutnya Dokumen Rekomendasi Teknik (Rekomtek) pekerjaan tidak diperlukan karena Detailed Engineering Design (DED) yang digunakan bersumber dari Balai Wilayah Sungai (BWS), dan sudah dikonsultasikan secara teknis. Dokumen yang mesti disiapkan kemudian adalah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BWS, Pemko Banjarmasin dan BPPW Kalsel.

PD PAL setempat pun berkomitmen membangun bilik WC bagi warga pemanfaat dan instalasi jaringan Instalasi Pengolahan Air Limbah pada 2020. PD PAL juga menyepakati langkah keberlanjutan operasi dan pemeliharaan serta pengelolaan limbah.

Sedianya, Rencana Anggaran Biaya (RAB) Skala Kawasan RK-3, harus menyesuaikan dengan Surat Edaran Menteri PUPR Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Jadi, ada sistem mata pembayaran sendiri untuk sektor keselamatan konstruksi. Yang juga dilengkapi kemudian dengan dokumen izin lingkungan yang sudah selesai sebelum lelang dilaksanakan. [Kalsel]

Penulis: Sarkowi, Sub-Prof Komunikasi OSP 6 Program Kotaku Provinsi Kalimantan Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.