Beranda Warta Cerita BKM Panji Gandeng Kampus Pelatihan Produksi Sabun

BKM Panji Gandeng Kampus Pelatihan Produksi Sabun

Cerita Jawa Timur Surabaya Pelatihan Masyarakat Comments (0) View (52)

Kata kolaborasi boleh jadi paling pas buat aksi yang dilakukan antara Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Panji Sejahtera dan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS). Lembaga kemasyarakatan di bawah koordinasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur itu menyelenggarakan pelatihan membuat produk sabun, beberapa waktu lampau.

Dalam acara yang bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Panjang Jiwo tersebut, Lurah Panjang Jiwo Sumadi berharap warga peserta pelatihan betul-betul menyimak paparan materi tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITATS. Tujuannya supaya pascapelatihan kelak peserta dapat menerapkan proses pembuatan sabun cair. “Harapan kami, yang hadir menyimak dengan seksama yang dipaparkan sehingga dapat mengembangkannya secara mandiri,” ujar Sumadi.

Menurut Koordinator Pimpinan Kolektif BKM Panji Sejahtera Kelurahan Panjang Jiwo Suhadi, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan bagi para peserta. Selain itu tentu, pelatihan dapat menjadi bekal masyarakat berwirausaha untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, seperti di bidang produksi sabun cair. "Sebetulnya agenda ini sudah lama kami gagas bersama untuk memberdayakan dan memberi dukungan usaha kepada masyarakat," kata pria paruh baya itu.

Sedianya, produk sabun cair tersebut akan dipasarkan secara online maupun offline. Tak heran bila pelatihan yang diselenggarakan pun membahas instrumen rantai produksi hingga distribusi untuk memudahkan pemasaran pascapelatihan. Apalagi, Suhadi menambahkan, di sekitar Kelurahan Panjang Jiwo banyak tempat usaha yang bisa diajak bekerja sama untuk gerai pemasaran produk.

Sumber dana pelatihan ini berasal dari anggaran alokasi sosial laba Unit Pengelola Keuangan (UPK) Tahun Anggaran 2017 senilai Rp 3.300.000. Dana tersebut masih ditambah swadaya masyarakat senilai Rp 202.000. “Pelatihan ini didanai kegiatan ekonomi bergulir dan dianggarkan untuk memberdayakan masyarakat,” kata Suhadi. Jumlah peserta pelatihan mencapai 25 orang dari beberapa rukun warga, yang dibagi menjadi lima kelompok. Kelima kelompok itulah yang selanjutnya ditetapkan menjadi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ekonomi Kelurahan Panjang Jiwo.

Ketua LPPM ITATS Kartika menambahkan, pihaknya siap bersinergi dengan BKM Panji Sejahtera untuk berbagai program. Bahkan, ia pun menawarkan program pelatihan pengolahan limbah bila dibutuhkan masyarakat. “Kami siap membuat MoU [Memorandum of Understanding] dengan BKM Panji Sejahtera untuk bersinergi dan mengabdi kepada masyarakat,” ujar Kartika. [Jatim]

Penulis: Ilyasin Yusuf, Fasilitator Sosial Tim Faskel 01 Korkot Cluster 04 OSP-3 Kota Surabaya Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.