"> ">
Beranda Warta Cerita Program Kotaku Sidoarjo Sosialisasi Bareng "Jokowi"

Program Kotaku Sidoarjo Sosialisasi Bareng "Jokowi"

Cerita Jawa Timur Sidoarjo Sosialisasi Comments (0) View (216)

Alun-alun Kota Sidoarjo mendadak heboh. Ahad pagi, di pertengahan November 2019, tepatnya di dekat Tugu Jayandaru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, "Jokowi" hadir bersepeda. Sontak, perhatian warga yang tumpah ruah beraktivitas di alun-alun lantaran Car Free Day (CFD), atau menghadiri rangkaian lelang Bandeng Kawak Tradisional 2019, atau menanti pengundian kupon tertib lalu lintas Operasi Zebra Semeru 2019 dari kepolisian resor setempat, sempat terfokus ke satu titik. Bergantian penuh sesak mereka bergantian mengabadikan momentum bersama "Jokowi" yang hadir dalam bentuk foto tengah bersepeda. “Loh iyo. Onok Jokowi,” teriak Imrona senang mendapat kejutan tersebut. Warga Desa Klurak, Kecamatan Candi itu bersama kerumunan masyarakat yang hadir gembira bukan kepalang.

“Tidak sia-sia, kami siapkan photo booth Jokowi bersepeda,” kata Yazid, personel Tim Program Kotaku Kabupaten Sidoarjo yang turut mendesain acara pagi itu. Antusiasme warga berfoto bersama Jokowi dengan pose membonceng di sadel bagian belakang sepeda tak pelak menjadi latar terfavorit buat berfoto ria selama ajang yang berlangsung selama sekitar tiga setengah jam.

Sebagian besar peserta foto bareng "Jokowi" seraya menjinjing tas ramah lingkungan dan menunjukkan stiker yang dibagikan Tim Program Kotaku. “kita juga mensosialisasikan misi Program Kotaku kepada warga yang hadir,” ujar Halim, personel Program Kotaku lainnya.

Panitia dari Tim Program Kotaku Kabupate Sidoarjo pun menyediakan media sosialisasi lainnya berupa panji-panji berisi desain berbagai kegiatan. Mulai dari penanganan kumuh Skala Kawasan, roadmap penanganan kumuh di Sidoarjo, kampanye Menuju Permukiman Layak Huni, dan banner yang memuat visi program kerja lima tahun Jokowi, yang terkait infrastruktur. Menurut May, Asisten Kota Bidang Infrastruktur, warga juga membaca dan serius memperhatikan informasi yang tertera di spanduk yang dipajang.

Tak tanggung-tanggung, Program Kotaku pun membagikan stiker Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang mengusung lima tema utama. Yakni, ajakan agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah, tidak membuang sampah dari mobil saat berkendara, menanam pohon, menabung air, dan peduli lingkungan.

"Yang banyak menjadi rebutan adalah tas ramah lingkungan," kata Siti Nurbaya, seorang panitia yang antusias membagikan stiker sambil menjelaskan misi Program Kotaku kepada pengunjung. Tas yang laku 'keras' tersebut boleh dimiliki dengan syarat menukarkannya dengan kantong plastik kresek yang dibawa. Namun pengunjung yang tidak membawa kantong plastik berkesempatan membawa pulang tas bila berfoto bersama “Jokowi” dan berpose di sebelah spanduk informasi Program Kotaku. “Kita mengajak mengurangi penggunaan kantong kresek,” ujar Haris, asisten kota bidang Financial, Institution, and Collaboration.

Seluruh aksesoris tuntas dibagikan, tanpa sisa. Sekitar pukul sembilan pagi, sosialisasi bareng "Jokowi" pun disudahi. [Jatim]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Abdul Adjis, Koordinator Kota Sidoarjo Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.