Beranda Warta Berita Perbankan-Pemkab Bone Sepakat Tuntaskan Kumuh 2020

Perbankan-Pemkab Bone Sepakat Tuntaskan Kumuh 2020

Berita Sulawesi Selatan Bone CSR Comments (0) View (240)

Penyelesaian persoalan kumuh menjadi impian seluruh masyarakat untuk bisa menikmati permukiman yang layak huni. Warga di Kabupaten Bone, misalnya. Satu dari sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan tersebut masih memiliki persoalan permukiman kumuh yang harus dituntaskan. Total luas kumuh di Kabupaten Bone mencapai 68,72 hektare dan tersebar di tujuh kelurahan. Berdasarkan hasil perhitungan pengurangan kumuh pada 2019 ini, telah terjadi pengurangan kumuh seluas 48,27 ha, dan masih menyisakan target luas kumuh yang harus dituntaskan sebesar 20,45 ha sampai pada 2020.

Sisa luas kumuh tadi menjadi satu agenda pembahasan yang disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Bone Ambo Dalle saat menerima kunjungan anggota Tim Uji Petik Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di ruang kerjanya di Kota Watampone. Tim Uji Petik Program Kotaku terdiri dari Konsultan Manajemen Pusat Wilayah (KMP) 2 Program Kotaku Imam Mualim Tobroni dan Tim Oversight Service Provider 9 Provinsi Sulawesi Selatan, didampingi Asisten Kota Mandiri Program Kotaku Kabupaten Bone Herman.

Ambo Dalle menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone akan berkonsentrasi menyelesaikan sisa kawasan kumuh pada 2020 dengan memaksimalkan potensi daerah. Di antaranya, melalui dana kelurahan dan melibatkan berbagai pihak melalui kegiatan tanggung jawab sosial institusi (corporate sosial responcibility, CSR) dari perusahaan dan sektor perbankan yang ada di Kabupaten Bone.

Konsistensi Pemkab Bone diwujudkan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat yang mengundang unsur perbankan di wilayahnya dalam Rapat Koordinasi Kolaborasi Penanganan Kumuh Menuju Bone Tanpa Kumuh pada Rabu (27/12) di Ruang Rapat Bappeda Kabupate Bone. Intinya, pihak perbankan diimbau untuk terlibat langsung dan mengambil peran dalam penyelesaian permukiman kumuh di Kabupaten Bone.

Peserta rakor dari sektor perbankan terdiri dari perwakilan Bank Mandiri, Bank BNI 46, Bank BRI, Bank Sulselbar, Bank Central Asia, Bank Tabungan Negara, dan Badan Amil Zakat Nasional. Dari pemerintah setempat, tampak wakil Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, dan Bappeda Kabupaten Bone.

Seluruh pemangku kepentingan sepakat dan berkomitmen untuk mengambil peran dalam penyelesaian permukiman kumuh di Kabupaten Bone. Hasil kesepakatan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MOU) antara Pemerintah Kabupaten Bone dan semua stakeholder.

Usai pertemuan dengan pihak Pemkab Bone, Tim Uji Petik Program Kotaku melakukan kunjungan lapangan ke Kelurahan Biru di Kecamatan Taneteriattang. Uji petik kali ini untuk melihat hasil kegiatan pembangunan dari anggaran Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) dan upaya Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) Tahun Anggaran 2019. [Sulsel]

Penulis: Hasruddin Itung, Tenaga Ahli Financial, Insitution, and Collaboration OSP-9 Program Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.