Beranda Warta Cerita Kesadaran dan Sukarela Hadir di Bone

Kesadaran dan Sukarela Hadir di Bone

Cerita Sulawesi Selatan Bone RTP Infrastruktur Comments (0) View (743)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah program pemerintah yang diharapkan bisa mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan bagi masyarakat. Khususnya, masyarakat yang berada di kawasan perumahan dan permukiman kumuh di seluruh pelosok negeri Indonesia. Upaya yang tak semudah membalik telapak tangan, karena menghadapi banyak tantangan dan persoalan pelik. Mulai dari persoalan infrastruktur permukiman, hingga perilaku masyarakat yang bermukim di kawasan kumuh. Proses penyadaran masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi fasilitator Program Kotaku untuk mengantar ke arah perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Kunjungan pelaksanaan Uji Petik Program Kotaku dari Konsultan Manajemen Pusat Wilayah 1 Imam Mualim Tobroni yang menjabat Sub Tenaga Ahli Program Monitoring dan Evaluasi selama dua hari di Kabupaten Bone membawa cerita menarik. Kehadiran Imam yang didampingi perwakilan Tim Oversight Service Provider 9 Provinsi Sulawesi Selatan dan Tim Fasilitator Kabupaten Bone berlangsung dengan sampel Kelurahan Walannae, Kecamatan Taneteriattang.

Di sela pelaksanaan uji petik, seorang tokoh masyarakat setempat bernama Ahmar Daeng Mangeppe bertutur ihwal kisah suram yang pernah dialami lingkungan permukimannya. Sebelum keberadaan program Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) hingga Program Kotaku saat ini masyarakat di Kelurahan Welannae yang terdiri dari lingkungan Mattirowalie, lingkungan Caloko, lingkungan Walannae, dan lingkungan Dare ape’e tidak pernah hidup rukun. Hampir setiap hari terdengar pertikaian antarwarga di lingkungan tersebut. Tak pelak, masyarakat tak merasa aman dan nyaman bermukim di wilayah tersebut.

Kehadiran berbagai program pemerintah, khususnya Program Kotaku, membalikkan keadaan dari yang dulunya permukiman yang mencekam berubah menjadi permukiman yang aman dan nyaman. Diakui bahwa Program Kotaku telah mengantar masyarakat memahami dan menyadari pentingnya kebersamaan dalam hidup bermasyarakat. Fasilitator Program Kotaku pun telah mengajarkan kiat masyarakat menghargai nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, dan kepedulian.

Berawal dari kesadaran ini terwujud dari pelaksanaan kegiatan penataan permukiman kumuh yang berada di Kelurahan Walannae, khususnya di empat lingkungan tersebut. Secara sadar dan sukarela warga di empat lingkungan tersebut bergotong royong dan saling membantu dalam membangun kampungnya sendiri. Bahkan, warga rela menghibahkan lahannya untuk pembangunan jalan, drainase, dan ruang terbuka publik ramah anak demi mewujudkan permukiman yang aman dan nyaman.

Sekarang warga sudah merawat dan menjaga kampungnya sendiri, mereka sepakat membuat aturan bersama bahkan menyetujui adanya iuran bulanan untuk pemeliharaan kegiatan infrastruktur yang sudah dibangun. Bahkan yang menarik, satu lokasi kegiatan yang ditempati pembangunan Ruang Terbuka Publik Ramah Anak di lahan Muhammad Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden RI. [Sulsel]

Penulis: Andi Hariani, Fasilitator Sosial Kabupaten Bone OSP 9 Program Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.