Beranda Warta Cerita Program Kotaku Kabupaten Pekalongan Ramaikan Bazaar CSR

Program Kotaku Kabupaten Pekalongan Ramaikan Bazaar CSR

Cerita Jawa Tengah Pekalongan CSR Kolaborasi Comments (0) View (338)

Area Tanggul Sementara Desa Mulyorejo di sebelah Taman Mulyorejo Asri, Kabupaten Mulyorejo mendadak hiruk pikuk menjelang akhir November silam. Udara cerah dan sinar matahari yang terik pun tak membuat massa yang berkerumun malah membubarkan diri. Ajang Bazar Forum CSR (corporate social responsibility, tanggung jawab sosial perusahaan) se-Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, malah ramai dihadiri berbagai lapisan masyarakat setempat. Dan satu di antara sejumlah peserta stan di bazar bertema "Sengkuyung Nuntaske Kumuh" tersebut adalah para pelaku Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini menjadi wujud nyata kolaborasi penanganan kumuh di Kabupaten Pekalongan.

Perhelatan kali ini memang terasa 'heboh' oleh tema keragaman kegiatan pembangunan infrastruktur di wilayah setempat. Di antaranya momentum peletakan batu pertama bantuan rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni dari CSR untuk Desa Mulyorejo dan Desa Kertijayan—yang keduanya merupakan lokasi kegiatan Program Kotaku. Selain itu ada acara penyerahan kegiatan CSR setempat secara simbolis, berikut peresmian kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun 2019 untuk Desa Mulyorejo oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Bazar dihadiri banyak unsur pemerintah daerah dan swasta wilayah setempat. Mulai dari perwakilan Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jateng, wakil Tim Oversight Service Provider (OSP) 1 Jateng 1, semua organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pekalongan, serta anggota Forum Kolaborasi Antar-Badan Keswadayaan Masyarakat (FKA-BKM) kabupaten dan kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Tak ketinggalan tentu, para wakil lembaga akademisi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perhutani, Pegadaian, Bank Jateng, Bank Mandiri, Bank BNI, PT Pertamina, PT PLN, dan masih banyak lainnya.

Partisipasi Tim Program Kotaku dalam Bazar CSR tersebut pun memiliki dasar kuat. Yakni, mensosialisasikan hasil pencapaian penanganan kumuh Program Kotaku kepada pihak-pihak lainnya. Melalui brosur, newsletter, poster, hingga hasil produksi karya kelompok swadaya masyarakat (KSM) binaan BKM. Di saat yang bersamaan, Program Kotaku berupaya menjalin sinergi dengan program-program pembangunan lainnya. Termasuk, dalam rangka penanganan dan pencegahan lingkungan permukiman kumuh menjadi kawasan permukiman layak huni.

Penulis: Eva Shokhifatun Nisa, Asisten Kota Urban Planner OSP 1 Kabupaten Pekalongan Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.