Beranda Warta Cerita PKK Lokasi Kotaku Jalani Pelatihan Produksi Camilan

PKK Lokasi Kotaku Jalani Pelatihan Produksi Camilan

Comments (0) View (97)

Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pekalongan unjuk gigi. Munafah Asip Kholbihi, sang ketua Tim Penggerak PKK, menjadi motor aksi kegiatan yang diselenggarakan pada Senin, pertengahan November silam, di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pekalongan. Munafah memimpin langsung pelatihan keterampilan, dengan harapan mampu meningkatkan penggunaan akal, ide, dan kreativitas dalam mengerjakan atau membuat sesuatu sehingga lebih bermakna dan tentunya, bermanfaat. "Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan, yang pada akhirnya diharapkan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian di Kabupaten Pekalongan, khususnya di dalam keluarganya," kata Munafah.

Aksi Munafah beralasan betul. Istri Bupati Asip Kholbihi itu memfokuskan pelatihan kali buat 50 orang ini dalam proses pembuatan camilan sehat dari bahan dasar ikan sebagai oleh-oleh khas Pekalongan. Alasannya pun jelas, area Kabupaten Pekalongan dikenal sebagai wilayah sentra penghasil ikan. Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari unit Bidang Perikanan Tangkap dan Masyarakat Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang diwakili jajaran petinggi Unit Pelayanan Terpadu BLK.

Ke-50 peserta pelatihan terdiri dari 10 orang anggota TP PKK Kabupaten Pekalongan, 20 orang dari TP PKK Desa Pecakaran, dan 20 orang lainnya dari Tim Penggerak PKK Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto. Materi pelatihan berupa teori dan praktik pengolahan ikan menjadi produk kudapan berupa Kerupuk Ikan Nila, Stik Ikan Lele, dan Pilus Ikan Lele yang dipaparkan tim perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan.

Para peserta pelatihan berasal dari lokasi pelaksanaan Program Kotaku di Kabupaten Pekalongan, sebagai wujud pendampingan TP PKK Kabupaten Pekalongan di lokasi Program Kotaku. Munafah berharap, para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan.

 


Penulis:
Eva Shokhifatun Nisa
Asiten Kota Urban Planner Kabupaten Pekalongan
Program Kotaku
Provinsi Jawa Tengah

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.