Beranda Warta Berita Pemkot Tegal Apresiasi BPM Program Kotaku

Pemkot Tegal Apresiasi BPM Program Kotaku

Berita Jawa Tengah Tegal Eksibisi BPM 2019 Comments (0) View (359)

Aksi Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono kali ini memang tak lazim: bermain dampu. Dia berjalan berjingkat seolah mempraktikkan permainan dampu bulan saat turun langsung ke lokasi peresmian kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Tegal 2019 di Kelurahan Mintaragen, Selasa (17/12). Dia bersama Wakil Wali Kota Tegal Muhammad juga bertandang ke lokasi pelaksanaan kegiatan Program Kotaku di Kampung Becak, Kelurahan Panggung, melihat hasil pembangunan berupa pembangunan jalan lingkungan, saluran drainase, dan ruang terbuka publik (RTP).

Kegiatan kali ini adalah rangkaian eksebisi dan peresmian BPM Program Kotaku Tahun Anggaran 2019. Di acara ini Wali Kota Dedy menandatangani prasasti peresmian kegiatan untuk enam kelurahan penerima BPM, serta penyerahan piagam penghargaan kepada 11 koordinator badan keswadayaan masyarakat (BKM) dari lokasi ber-Surat Keputusan (SK) Kumuh Wali Kota Tegal. Piagam itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah atas peran relawan dalam melakukan upaya penanganan kumuh di wilayahnya, sehingga target tuntas kumuh dapat tercapai di 2019 seluas 191,13 hektare.

Dalam sambutan pembukaan, Dedy menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para relawan dan pendamping Program Kotaku. Karena kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Kotaku sejalan dengan visi misi Pemerintah Kota Tegal, yakni meningkatkan infrastruktur, transportasi publik, serta lingkungan yang bersih dan sehat. Saat ini Pemkot Tegal memang sedang gencar menata kota supaya menjadi lebih tertata, indah, dan tertib untuk menarik warga luar datang berkunjung ke Kota Tegal.

Selain penandatanganan prasasti dan pemberian piagam penghargaaan bagi BKM, Wali Kota Dedy juga meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Mintaragen. RTH satu ini adalah hasil urunan kolaborasi dana BPM, Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Tegal, dan masyarakat. Momentum yang sama pun dijadikan titik tolak pencanangan pilah sampah rumah tangga, hasil kolaborasi antara Program Kotaku dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal.

Berdasarkan data yang ada, total dana BPM yang sudah dikucurkan pemerintah pusat melalui dana Program Kotaku sejak 2017 mencapai sebesar Rp 21,350 miliar untuk sebelas kelurahan yang masuk SK Kumuh Wali Kota 2014. Ke-11 kelurahan tersebut adalah Kelurahan Panggung, Muarareja, Kejambon, Mangkukusuman, Kemandungan, Kraton, Tegalsari, Muarareja, Pesurungan Lor, Debong Lor, dan Kelurahan Pesurungan Kidul.

Total dana tersebut sudah digunakan untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana. Yakni drainase lingkungan sepanjang 22.564 meter, jalan lingkungan berkonstruksi paving block sepanjang 16.658 m, jalan berkonstruksi rabat beton sepanjang 518 m, 21 unit gerobak dan motor sampah, hidran/keran umum satu unit, sumur bor satu unit, jembatan beton 25 unit, TPST-3R satu unit, lapisan penetrasi macadam (lapen) jalan sepanjang 276 m, mandi cuci kakus (MCK), septic tank komunal 10 unit, tembok penahan (talud) sepanjang 72 m, dan ruang terbuka hijau (RTH) sebanyak dua unit.

Sambutan masyarakat amat antusias menyambut kedatangan Wali Kota Dedy dan rombongan. Dari rencana undangan 200 orang, jumlah yang hadir hampir mencapai 400 orang lebih ikut menyambut kedatangan Wali Kota. Dan saat berkunjung ke RTP Kelurahan panggung, Wali Kota Dedy sempat membagikan kado berupa coklat buat anak-anak yang tengah bermain di RTP. Pria beristrikan dokter ini tampak begitu bahagia melihat tingkah lugu para bocah yang sukacita menerima pemberian coklat dari 'Bapaknya Kota Tegal'. [Jateng]

Penulis: Bambang R., Koordinator Kota Tegal Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.