Beranda Warta Cerita Menara Air Jadi 'Markas' Posyandu di NTT

Menara Air Jadi 'Markas' Posyandu di NTT

Cerita NTT Sumba Timur BPM Infrastruktur Comments (0) View (189)

Para pegiat Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) Jangkar Mas Kelurahan Hambala tengah berbahagia di awal Januari 2020 ini. Kenangan 'kantor' posyandu yang mesti berpindah-pindah dalam waktu yang lumayan lama kini tinggal kenangan. Sebab sekarang, kegiatan swadaya masyarakat di bidang kesehatan bernama Posyandu Jangkar Mas sudah memiliki 'markas' untuk melayani warga Rukun Tetangga 005, RT 007, dan RT 008 di Rukun Warga 002. Posyandu ini pun rutin saban bulan mengawasi status kesehatan bagi sedikitnya 60-an orang anak setempat.

Saat ini kisah posyandu yang berpindah memang menjadi sejarah pergerakan semangat menjaga kesehatan masyarakat di Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dulu, lokasi Posyandu Jangkar Mas bergantian lantaran menumpang di rumah-rumah warga. Karena keterbatasan ruang pelayanan, para ibu dan anak-anaknya pun acap berdesakan di lokasi posyandu.

Sekarang, semua sudah berubah. Para pegiat pelayanan dan konsumen Posyandu Jangkar Mas telah mendapatkan tempat yang istimewa dan strategis untuk beraktivitas. Lokasi Posyandu Jangkar Mas kini berada di bawah menara sumur bor di RT 007/RW 002, yang dibangun dari anggaran Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2019. Pembangunan sumur bor dan menara pasokan air bersih buat warga tersebut dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ndulla Mamilla. Keberadaan menara yang cukup luas pun bisa digunakan sebagai tempat bersantai warga.

Helena Bengu, ketua Kader Posyandu Jangkar Mas, berterima kasih atas izin dari BKM Ndulla Mamilla, ketua RT setempat, serta pengurus Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) untuk menggunakan lokasi menara sumur bor sebagai lokasi baru posyandu. Menara dengan desain multifungsi tersebut amat efektif digunakan buat tempat pertemuan dan beragam kegiatan posyandu lainnya. "Lokasinya strategis, mudah dijangkau, dan cukup luas untuk arena bermain anak," kata Helena, yang berjanji akan turut menjaga dan memelihara keberadaan menara air sekaligus areal posyandu Kelurahan Hambala. [NTT]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Christian A. Dethan, Fasilitator Sosial TF-09 Kabupaten Sumba Timur Program Kotaku Provinsi Nusa Tenggara Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.