Beranda Warta Cerita Tarsiati, 'Motor' Sukses Ekonomi Bergulir Muara Tami

Tarsiati, 'Motor' Sukses Ekonomi Bergulir Muara Tami

Cerita Papua Jayapura Comments (0) View (114)

Upaya pendekatan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam penanganan kumuh wilayah melalui pemberdayaan masyarakat di Bumi Cendrawasih berbuntut sukses. Kendati tak semua, memang. Tapi, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Cinta Makmur melalui Unit Pengelola Keuangan (UPK)-nya telah menorehkan kisah sukses dalam penyelesaian masalah pengelolaan uang buat masyarakat di Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

BKM Cinta Makmur Kelurahan Koya Barat yang dibentuk sejak 2010, di era Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, sudah memiliki Unit Pengelola Keuangan (UPK). Di awal UPK BKM Cinta Makmur diberi amanah mengelola modal sebesar Rp 25.100.000 kini berkembang hingga mencapai Rp 51.600.000 di bawah tanggung jawab UPK pimpinan Tarsiati. UPK ini berhasil menjalankan tugasnya sebagai pengelola sektor perekonomian Program Kotaku di daerah yang masyarakatnya mayoritas sebagai petani. Tarsiati pun rupanya mengalokasikan pinjaman ke sasaran yang tepat, yakni masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Perempuan satu ini serius melakukan pendekatan dan komunikasi intens dengan anggota KSM, sehingga membangkitkan kesadaran untuk mengembalikan pinjaman dana ekonomi bergulir. Sosok yang biasa disapa Ibu Iis itu mampu memunculkan persaingan positif, dan menumbuhkan budaya malu antarsesama warga anggota KSM, khususnya bila ada keterlambatan mencicil.

Wanita separuh baya itu pun acap menelurkan beragam konsep inovatif dan kreatif penunjang kegiatan yang inovatif dan kreatif. Khususnya dalam membuat peraturan dan strategi dalam proses perguliran atau pemberian pinjaman sehingga dapat menghasilkan pemilihan KSM yang tepat sasaran dan mengurangi kemungkinan kemacetan pengembalian dari masyarakat yang sering terjadi seperti pada kelurahan lain. Dan, Tarsiati sudah membuktikan keberhasilannya.

Solusi ekonomi bergulir melalui Program Kotaku memang untuk menata penghidupan masyarakat secara keberlanjutan (livelihood). BKM Cinta Makmur serta peran atau pun sikap partisipatif dari masyarakat sepakat buat mengelola bersama dana ekonomi bergulir. Program yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat ini telah memberikan perubahan yang tampak dalam peningkatan perekonomian dan mencapai masyarakat yang mandiri. Program ini membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha mereka atau pun dalam masalah sistem permodalan usaha. Target hasil program adalah meningkatkan penghasilan masyarakat dan menekan tingkat angka masyarakat miskin. [Papua]

Penulis: Novita Pagoga, Asisten Kota KK Kota Jayapura Program Kotaku Provinsi Papua

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.