Beranda Warta Berita BPM 2019 Jombang Ubah 'Wajah' Sembilan Desa

BPM 2019 Jombang Ubah 'Wajah' Sembilan Desa

Berita Jawa Timur Jombang BPM 2019 Comments (0) View (502)

Mimik sumringah kentara betul di sebagian besar wajah warga di Kabupaten Jombang. Khususnya, mereka yang hadir di acara serah terima hasil kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 13 miliar bagi sembilan desa di wilayah Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, pertengahan pekan keempat Januari 2020. Antusiasme masyarakat dan aura kegembiraan begitu kentara, usai beragam kegiatan pembangunan infrastruktur yang telah mengubah wajah kampung yang kumuh menjadi indah, asri, dan nyaman. Acara peresmian sekaligus serah terima hasil kegiatan infrastruktur tersebut dilakukan Bupati Jombang Mundjidah Wahab di Desa Made. Prosesi simbolis bukti pelaksanaan kegiatan BPM 2019 itu dilaksanakan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti sembilan desa.

Seremoni serah terima BPM ini dihadiri berbagai unsur. Di antaranya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Provinsi Jatim Rekyan Puruhitasari, perwakilan Tim Oversight Service Provider (OSP) 3 Zainul—yang juga menjabat Tenaga Ahli Financial, Institutional, and Collaboration (FIC), Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kupaten Jombang Heru Wijayanto, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, wakil Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang, sembilan kepala desa penerima BPM, lembaga keswadayaan masyarakat (LKM) dari sembilan desa, Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP), dan tim Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Jombang.

Dalam sambutannya Bupati Mundjidah mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kerja sama semua pihak pada pelaksanaan kegiatan Program Kotaku di Kabupaten Jombang. Dia berharap, pemerintah pusat akan tetap melanjutkan penataan wilayah melalui Program Kotaku pada tahun ini. Di saat yang sama, KPP diminta terus merawat dan memelihara hasil kegiatan infrastruktur yang sudah dibangun bersama.

Kegiatan BPM TA 2019 di Jombang memang terfokus pada pembangunan infrastruktur yang tersebar di sembilan desa. Kesembilan wilayah target berikut besaran alokasi BPM itu adalah Desa Dukuhmojo, Desa Kedunglumpang, Desa Pundong, Desa Made yang masing-masing mendapatkan Rp 2 miliar. Sementara Desa Mojotrisno, Desa Bakalanrayung, Desa Kudubanjar, Desa Randuwatang, dan Desa Sumberteguh sebanyak Rp 1 miliar per desa. Pembangunan infrastruktur berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan masyarakat di masing-masing desa. Misalnya meliputi pembangunan jalan dan drainase lingkungan, pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), pengadaan gerobak pengangkut sampah, hingga ruang terbuka publik.

BPM dari pemerintah tampaknya menjadi investasi yang tak ingin disia-siakan masyarakat. Buktinya pelaksanaan kegiatan pembangunan dilakukan siang dan malam, sejak awal September 2019 hingga tuntas pada Desember 2019. [Jatim]

Penulis: Ellyn Citra, Asisten Kota Kabupaten Jombang Bidang Ekonomi Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.