"> ">
Beranda Warta Cerita Ruang Terbuka Publik untuk Masyarakat Kiom Kekinian

Ruang Terbuka Publik untuk Masyarakat Kiom Kekinian

Cerita Maluku Tual RTP BPM 2019 Comments (0) View (1056)

Kiom adalah sebuah kampung di Kecamatan Pulau Dullah Selatan, Kota Tual, Provinsi Maluku. Kampung ini dulu dikenal semrawut dan kotor, bahkan sempat dilabeli sebagai “kampung kriminal". Kurangnya perhatian pemerintah di masa lalu seperti telah memberikan pengaruh bagi warga tentang kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. Betapa tidak, drainase yang seharusnya difungsikan untuk aliran air berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah. Tapi kini, tidak lagi.

Kiom sudah berubah dan berbeda. Kiom saat ini sudah bersih. Warganya juga sudah tidak lagi membuang sampah di saluran dranaise. Warga tidak lagi bersikap anarkis dan label kampung criminal lepas sudah. Kiom sekarang berubah hampir 360 derajat—warga Kiom sudah sadar kebersihan dan paham cara menjaga lingkungan. Dan bukan hanya lingkungan saja, tapi juga menjaga persaudaraan.

Kiom yang sekarang hidup bergotong royong dan sadar atas kepemilikan fasilitas publik yang ada di kampung. Salah satu fasilitas publik di sini adalah ruang terbuka; tempat bercengkrama antara warga, bermain anak, dan aktivitas sosial sehari-hari warga.

Adalah Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang memfasilitas perubahan ini. Ruang terbuka publik (RTP) dibangun melalui Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Kotaku 2019 di RT 002/RW 001 Desa Tual. Kegiatan ini bermanfaat bagi 80 KK, terdiri atas 181 jiwa laki-laki dan 187 jiwa perempuan.

Berkat itu semua, perspektif masyarakat Kiom terhadap program pembangunan berubah. Awalnya apatis, menjadi antusias. Awalnya menolak, kini tertarik. Dulunya mencaci, sekarang mengapresiasi.

Komunikasi persuasif, penyampaian visi dan misi Program Kotaku yang dilakukan oleh fasilitator lapangan secara perlahan tapi pasti berhasil membawa perubahan pemahaman masyarakat. Kepercayaan mulai terbangun saat pembangunan infrastruktur—drainase, bak pembagi, jalan paving, pipanisasi, tempat pembuangan sampah, sumur gali, dan RTP mulai dilaksanakan di Kampung Kiom.

Perubahan perilaku inilah yang menjadi tujuan utama Program Kotaku. Selain perbaikan infrastruktur dan penanganan kawasan kumuh, lebih dari itu, program KOTAKU juga bertujuan agar adanya perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik dari sebelum dan setelah adanya Program Kotaku. Paritisipasi masyarakat terus digalakkan, membuat lebih banyak inovasi yang diciptakan masyarakat untuk membangun kampung halaman. Hal itulah, yang tergambar pada warga Kampung Kiom. [Maluku]

Dokumentasi lainnya:

    

Oleh: Efa Rubawati, M.Med.Kom, Sub Komunikasi OSP-11 Kotaku Provinsi Maluku

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.