Beranda Warta Cerita KPP, Kata Kunci Hasil Program Kotaku Sibolga

KPP, Kata Kunci Hasil Program Kotaku Sibolga

Cerita Sumatra Utara Sibolga Aek Manis KPP Comments (0) View (773)

Dari masyarakat, oleh warga, dan untuk penduduk menjadi filosofi dasar keberadaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Prasarana di Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara. Organisasi warga pemanfaat infrastruktur prasarana umum dari kehadiran Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) ini dibentuk pascapenataan wilayah dari persoalan kumuh. Upaya penguatan kembali para anggota KPP tersebut diselenggarakan belum lama berselang, bersama Dedy, Camat Sibolga Selatan di Kelurahan Aek Manis.

Permulaan 2020 ini menjadi awal yang baik bagi masyarakat di Kelurahan Aek Manis. Warga sudah bisa menikmati hasil pembangunan pengadaan air bersih berkat pembangunan infrastruktur sarana air bersih yang didanai Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 526.230.000. Masyarakat penerima manfaat langsung fasilitas itu mencapai sebanyak 130 kepala keluarga, yang tak lagi khawatir kekurangan pasokan air minum layak konsumsi.

Menurut Dedy, penguatan KPP menjadi penting, termasuk di wilayah Kelurahan Aek Manis. Selaku pemanfaat, harus menyadari bahwa setiap pembangunan direncanakan untuk kebaikan masyarakat. Contohnya, seperti saat ini, Kelurahan Aek Manis bebas dari status kumuh indikator ketersediaan air bersih bagi warganya. "Mari kita jaga pola hidup bersih dan sehat [PHBS]," kata dia.

Keberadaan sarana vital berupa pengadaan air bersih di Kelurahan Aek Manis tentu memerlukan perhatian khusus secara berkelanjutan, khususnya untuk perawatan. Masyarakat setempat pun diajak secara bertahap dari tidak paham, tak mau, dan tidak mampu menjadi sebaliknya. Karena selain menjadi pemanfaat, warga justru menjadi ujung tombak perawatan fasilitas yang ada di wilayah kelurahan setempat.

Hasil kesepakatan bersama menggarisbawahi komitmen warga untuk membayar Rp 15 ribu setiap bulan per KK. Dana yang terkumpul akan dialokasikan khusus untuk perawatan dan berbagai kebutuhan bersama lainnya bagi warga setempat. Peluang untuk berpartisipasi pun terbuka lebar, tinggal menghubungi KPP Prasarana Kelurahan Aek Manis, Kota Sibolga. Ikut bergabung, yuk... [Sumut]

Penulis: Nurhalimah Nasution, Asisten Institution and Collaboration Koordinator Kota 04 Sibolga - Padangsidimpuan OC KMW 02 Kotaku Sumatra Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.