Beranda Warta Cerita Kepada Infrastruktur Gunung Cupu Warga Bertumpu

Kepada Infrastruktur Gunung Cupu Warga Bertumpu

Cerita Jawa Barat Ciamis Infrastruktur MCK Jalan Beton Drainase Comments (0) View (957)

Desa Gunung Cupu Kecamatan Sindang Kasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat konon di kenal sebagai Kampung Legenda Lutung Kasarung. Pada tahun 2014, desa ini tepatnya di Dusun Gunung Rasa ditetapkan sebagai kawasan kumuh, namun setelah 5 tahun berselang kawasan ini mendapat dampingan Program Kota Tanpa Kumuh.

Pada 2019, Desa Gunung Cupu mendapat Bantuan Pemerintah (BPM) yang dimanfaatkan untuk pembangunan jalan lingkungan sepanjang 620 meter, drainase 400 meter, 3 unit MCK dengan Sarana Air Bersih dan Septic tank Komunal yang dimanfaatkan 83 KK atau 157 laki-laki dan 135 perempuan dengan total bantuan sebesar Rp 995 juta.

Banyak perubahan terjadi di Gunung Cupu, akses jalan menjadi bagus dan aman, MCK yang memadai, dan hiasan-hiasan disepanjang jalan yang mewarnai area tersebut. Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengubah paradigma masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kawasan Gunung Cupu.

Pada 2018, dengan menggandeng relawan pendamping Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) program Kotaku menyelesaikan permasalahan kumuh Gunung Cupu salah satunya masalah sampah. Dengan adanya bank sampah warga dapat menjual sampah-sampah yang ada. Dan dari sampah tersebut berbagai kerajinan tangan dihasilkan.

Kegiatan ini mendukung perekonomian warga setempat. Kini kampung yang dijuluki Kampung Legenda ini menjadi kawasan yang asri, dikunjungi warga untuk berswafoto dan diharapkan menjadi destinasi wisata yang diandalkan di wilayah Ciamis. [Jabar]

Dokumentasi lainnya:

         

 

    

Penulis: Tim Komunikasi Program Kotaku Jawa Barat

Editor: Machmud Hidayat

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.