Beranda Warta Cerita Desa Oba Jadi Pusat Pelatihan TPS3R Malut

Desa Oba Jadi Pusat Pelatihan TPS3R Malut

Cerita Maluku Utara TPS3R KPP Comments (0) View (158)

Konsep penanganan sampah dengan cara Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (daur ulang)—3R—sampah adalah solusi yang dinilai paling mumpuni saat ini untuk menangani mulai dari sumbernya. Satu upaya nyata penanganan sampah itulah yang diselenggarakan di lokasi Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R) di Desa Oba, dan desa-desa sekitarnya, di Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, akhir pekan kedua Februari 2020.

Program TPS3R bertujuan mengurangi kuantitas sekaligus memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah. Tempat ini pula yang berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tidore Kepulauan menjadi sumber penting pelatihan daur ulang sampah. Materi yang diberikan adalah mengupas cara pengomposan dengan menggunakan alat pencacah. Yang juga meliputi cara pengolahan sampah organik dan non-organik, cara pemilahan dan pengolahan plastik menjadi biji plastik. DLH juga memberikan pelatihan untuk mengajarkan keterampilan dari kantong plastik bekas untuk dijadikan kerajinan yang bisa bernilai ekonomis.

Secara umum, ada sejumlah maksud dan tujuan penyelenggaraan Program TPS3R. Mulai dari meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kebersihan lingkungan, serta melindungi kualitas air sungai dari penumpukan sampah dan mengurangi beban pencemaran badan air seperti sungai, danau, dan lain-lainnya. Selain itu termasuk melindungi kualitas udara dari polusi pembakaran sampah, melindungi kualitas tanah dari pencemaran akibat aktivitas penimbunan sampah, dan turut memperpanjang umur teknis keberadaan TPA di wilayah tersebut.

Menurut Team Leader Oversight Service Provider (OSP) 8 Maluku Utara Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Syamsuddin Genda, kegiatan pelatihan TPS3R ini memakan biaya yang cukup besar. Lantaran itulah peran dari kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) agar sesuai peruntukannya, harus maksimal memelihara semua sarana infrastruktur yang telah dibangun. Khususnya, untuk penanganan sampah.

Desa Oba termasuk satu dari 152 desa/kelurahan di Kota Ternate dan Tidore Kepulauan yang baru mendapatkan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kotaku untuk Tahun Anggaran 2019.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Penanganan Kapasitas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan Faradilla A. Razak serta Kepala seksi Lingkungan Hidup M. Abubakar dan staf lain yang berkunjung ke acara ikut memberikan pelatihan pada KPP menyoal kiat pengolahan sampah. Imam dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Balbar ikut memaparkan sejumlah materi. Dia sudah terlebih dulu bergelut dengan usaha pengolahan sampah dan barang bekas lainnya.

Sekretaris Camat Oba Tengah M. Saleh Latif menilai, kegiatan TPS3R adalah langkah maju dalam penanganan persampahan di wilayah Kecamatan Oba Tengah. Sebab, dia menambahkan, kegiatan tersebut justru diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat di Desa Oba di masa mendatang. [Malut]

Dokumentasi lainnya:

    

Penulis: Tim FJR OSP 8 Program Kotaku Provinsi Maluku Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.