Beranda Warta Berita Rekrutmen Personel Pendamping Program Kotaku 2020

Rekrutmen Personel Pendamping Program Kotaku 2020

Berita Rekrutmen Test Online Comments (1) View (6135)

Sebagai upaya mendukung pengurangan luasan permukiman kumuh sampai dengan 0 hektar, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menyelenggarakan kegiatan infrastruktur skala kawasan dan skala lingkungan untuk perbaikan atau peningkatan kualitas infrastruktur yang bersifat jaringan dengan pelayanan yang terkoneksi pada kawasan permukiman kumuh.

Untuk itu, Program Kotaku berkontribusi bersama pemerintah daerah melakukan pengembangan kapasitas dengan berbagai macam kegiatan atau program, di antaranya dengan menempatkan senior fasilitator (SF) atau fasilitator kelurahan (Faskel) sebagai pendamping masyarakat di tingkat desa/kelurahan dan koordinator kota atau asisten koordinator kota di tingkat kabupaten/kota di seluruh wilayah dampingan Program Kotaku. Fungsi utamanya adalah memberikan dukungan teknis dan pendampingan kepada masyarakat dan pemerintah daerah dalam pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh di daerah masing-masing.

Guna mengoptimalkan pelaksanaan Program KOTAKU, mulai April 2020 hingga Desember 2020 personel SF atau Faskel perlu disesuaikan dengan kebutuhan pada fokus pendampingan dan beban kerja di lokasi kelurahan penerima bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM). Rekrutmen ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan SF dan Faskel, baik dari tim existing ataupun dari luar program, agar pendampingan ke depan lebih fokus dan lebih tepat sesuai kualifikasi dan kapasitas yang diharapkan.

Tujuan pelaksanaan rekrutmen adalah tersedianya sejumlah personel pendamping berkualitas sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan dan standar akuntabilitas fasilitator yang dipersyaratkan, serta termobilisasinya personel fasilitator dengan komposisi sesuai kuota yang telah ditetapkan. Secara umum, kualifikasi personel harus memiliki kapasitas yang baik dan mampu bekerja dalam sebuah tim kerja.

Pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan lamaran yang dilampiri berkas-berkas pendukung serta form rekrutmen kepada panitia provinsi. Mengingat kejadian luar biasa antisipasi penyebaran virus Corona di Indonesia maka tes tertulis yang rencananya akan diselenggarakan secara langsung di satu tempat, diubah menjadi tes online dengan jadwal berikut:

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) provinsi dan OSP/OC di masing-masing provinsi dengan kontak yang tersedia pada tautan berikut: http://kotaku.pu.go.id/view/7902/personil-kmw-oc-osp-program-kotaku-update-september-2019)

Untuk mengetahui mekanisme test online, calon peserta dapat mengakses tutorial berikut ini: http://kotaku.pu.go.id/view/8129/tutorial-calon-peserta-test-rekrutmen-pendamping-program-kotaku-tahun-2020.

1 Komentar


  1. Posted by Sawal | Mar 25, 2020

    Assalamulaikum  min,  Kok nggak Ada yha Sulawesi tenggara di opusi pilihan  daerah  untuk melihat/download nama nama yg lulus adminstrasi? 

    Tarima Kasih min. 

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.