Beranda Warta Cerita KPP Kelurahan Semayan, 'Motor' Lingkungan Tetap Menawan

KPP Kelurahan Semayan, 'Motor' Lingkungan Tetap Menawan

Cerita NTB Semayan KPP Comments (0) View (558)

Keberadaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) adalah bukti kesinambungan upaya menata ulang permukiman. Tujuannya sudah pasti. Infrastruktur yang sudah dibangun dengan kualitas baik dapat terus bermanfaat bila ada upaya lanjut pascapembangunan berupa pemeliharaan. Seperti yang digagas KPP di wilayah penataan. Keberadaan organisasi KPP menjadi hal yang sangat penting untuk memutus stigma “membangun lebih mudah daripada memelihara”.

KPP Mandiri bersama Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pade Angen, Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, misalnya. Kesadaran untuk merawat hasil pembangunan sudah digagas per 2017. "Dan masih terus berjalan hingga sekarang, sampai berubah nama menjadi KPP," kata Ketua KPP Mandiri Junaidi.

Bak gayung bersambut, animo masyarakat Lingkungan Propok pun patut diacungi jempol. Mereka sudah berkomitmen menjaga lingkungan permukiman yang baik dan sehat sejak 2017, melalui pembangunan infrastruktur berbasis anggaran Bantuan Dana Investasi (BDI). Partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga dan memelihara infrastruktur terbangun memang terlihat nyata, lantaran kualitas hasil kegiatan tampak terjaga baik dan bermanfaat nyata hingga saat ini.

“Sebelum ada Program Kotaku, kampung kami adalah kampung paling kumuh di Kelurahan Semayan," Habibi, anggota KPP Mandiri. Kini warga mengaku bangga dan berkomitmen bersama untuk terus memelihara yang sudah dibangun.

KPP Mandiri Kelurahan Semayan memang rutin melakukan pertemuan membahas kegiatan infrastruktur yang perlu diperbaiki secara berkala. Menjelang akhir Februari silam, contohnya, masyarakat bersama anggota BKM dan KPP bertemu membahas teknis pelaksanaan kegiatan pemeliharaan jalan lingkungan berkonstruksi paving block dan drainase hasil pembangunan.

Di beberapa titik, terutama RT 01 dan RT 02, ada jalan yang amblas karena penurunan tanah dasar yang belum terlalu padat pada saat pelaksanaan. Di pertemuan tersebut disepakati langkah gotong royong warga permukiman dengan 285 jiwa penduduk. Kegiatan pun berjalan lancar, didampingi lurah dan tokoh masyarakat setempat. “Saya bangga dengan semangat dan antusiasme masyarakat Lingkungan Propok, melakukan pemeliharaan terhadap hasil kegiatan Program Kotaku dengan baik," kata Lurah Semayan L. Balya Wiranegara.

Kegiatan perbaikan jalan lingkungan dan drainase di Lingkungan Propok, khususnya RT 1 dan RT 02 adalah sarana vital. Ruas akses penduduk tersebut mengelilingi pinggir Bendungan Batujai, yang dulunya berupa tanah rawa dan dijadikan tempat pembuangan sampah dan buang air besar. Kini, wajah permukiman berubah menjadi lebih cantik, tertata, dan sehat serta asri sedap dipandang mata. [NTB]

Penulis: L. Muhammad Mayadi (Askot Mandiri Lombok Tengah) dan Astar Hadi (Sub TA Komunikasi OSP 5) Program Kotaku OSP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.