Beranda Warta Berita 873 Peserta Mengikuti Hari Pertama Test Online Rekrutmen Kotaku

873 Peserta Mengikuti Hari Pertama Test Online Rekrutmen Kotaku

Berita Test Online Rekrutmen Alur Test Online Mekanisme ELearning Comments (0) View (1567)

Sebanyak 873 peserta mengikuti hari pertama test online rekrutmen Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2020 pada hari pertama, Senin (23/3). Berdasarkan data Cek Jumlah Peserta dalam Kelas Before Assign Seleksi 2020, untuk sesi pertama (pukul 07.00 – 10.00 WIB), test online diikuti 54 peserta dari Provinsi Gorontalo dan 273 peserta dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Sesi kedua (pukul 11.00 – 14.00 WIB) diikuti oleh 237 peserta dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan 109 peserta dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sesi ketiga (pukul 15.00 – 18.00 WIB) diikuti oleh 52 peserta dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan sesi terakhir (pukul 19.00 – 22.00 WIB) diikuti oleh 148 peserta dari Provinsi Aceh.

Besok, Selasa (24/3), peserta yang akan mengikuti test online diperkirakan sebanyak 570 orang, terdiri atas 50 peserta dari Provinsi Sulawesi Tengah, 20 peserta dari Provinsi Kalimantan Tengah, 73 peserta dari Provinsi Kalimantan Timur, 54 peserta dari Provinsi Kalimantan Utara, 145 peserta dari Provinsi Sulawesi Utara, 64 peserta dari Provinsi Jambi, 90 peserta dari Provinsi Bengkulu, 74 peserta dari Provinsi Bangka Belitung, 44 peserta dari Provinsi Kepulauan Riau, dan 61 peserta dari Provinsi Sumatra Utara.

Lebih rinci, bisa dilihat di tautan: https://bit.ly/3belger

Tips Sukses Seleksi Kotaku: Pahami Mekanisme Alur Rekrutmen Test Online

Permasalahan paling jelas ternyata ada di pemahaman peserta terkait mekanisme alur test online rekrutmen Program Kotaku 2020. Silakan cermati mekanisme alur test online berikut.

Pertama, peserta mendaftar manual ke panitia provinsi, bukan langsung ke website (pada laman e-Learning). Langkah ini penting, karena panitia provinsi perlu data peserta untuk memasukkannya ke dalam kelas untuk test online.

Kedua, panitia provinsi mengumumkan siapa saja peserta yang lulus dan mempublikasikannya di website, pada tautan: Daftar Peserta Lulus Seleksi Administrasi pada Seleksi dan Rekrutmen Program KOTAKU 2020. Panitia provinsi juga mengumumkan di media lokal dan sosial media provinsi.

Ketiga, setelah mengetahui dirinya lulus, barulah peserta bisa melakukan registrasi di aplikasi e-Learning pada website Program Kotaku. 

Silakan di-scroll ke bawah, akan didapati tutorial bagi admin provinsi dan bagi peserta. Jika Anda peserta, klik tutorial peserta dan akan diarahkan ke tautan ini

Sedangkan jika peserta adalah orang baru, belum pernah mendaftar e-Learning Kotaku, silakan klik tautan: Sign Up ELearning Kotaku.

Bisa juga mencermati tautan berikut ini untuk mempelajari tutorial bagi peserta yang belum pernah mendaftar eLearning Kotaku: Tutorial Peserta ELearning Kotaku. Silakan klik informasi yang diperlukan: Cara Registrasi User, Cara Update Profil User, dan Melihat Ketersediaan Soal Test.

Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung komunikasikan dengan panitia provinsi atau kantor OC/OSP provinsi masing-masing.

Keempat, peserta baru, silakan tunggu approve (persetujuan) dari pantia provinsi. Sedangkan peserta yang sudah selesai atau beres (approved dan terdaftar), silakan login dan memperbarui (update) profil masing-masing dengan data lengkap dan valid. Semisal, nama lengkap, nomor KTP, alamat email yang digunakan.

“Pastikan data diri yang dimasukkan harus valid, jangan sampai keliru data, karena berisiko nilai hasil test online tidak muncul atau data peserta bersangkutan tidak ketemu. Alamat email yang digunakan untuk login juga harus sama dengan yang pertama didaftarkan,” ujar Tenaga Ahli Website M. Saiful Arif.

Kelima, setelah melengkapi data, peserta tinggal menunggu soal test online. Di tahapan ini, admin pusat akan memberi soal test ke kelas masing-masing, setidaknya H-1 atau sehari sebelum jadwal test online. Menurut Saiful Arif, hingga ini ada 333 kelas yang dibuat untuk test online dengan jumlah soal sebanyak 100 paket soal, terdiri atas lima varian/jenis materi, yakni 01-Kotaku Manajerial, 02-Keahlian SF, 03-Keahlian Ekonomi, 04-Keahlian Sosial, dan 05-Keahlian Teknik.

Terkait melengkapi profil data, Saiful Arif mengatakan, sebaiknya dilakukan sebelum jadwal pelaksanaan test online. Test online diikuti oleh peserta provinsi secara bergilir sesuai jadwal dan sesinya, mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB, sehingga kemungkinan traffic e-Learning menjadi tinggi setiap harinya. Namun, pada Rabu (25/3) ini tidak ada jadwal test online, karena bersamaan dengan perayaan Nyepi. Untuk itu, peserta yang belum sempat update profil dan tidak sedang mengikuti Nyepi, bisa melakukannya pada hari tersebut. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.