Beranda Warta Cerita Merawat Infra Penghalau Kumuh, Bersama KPP Bungsu

Merawat Infra Penghalau Kumuh, Bersama KPP Bungsu

Cerita Bengkulu Ratu Samban KPP Infrastruktur Comments (0) View (407)

Bisa karena biasa. Paham itulah yang dipegang betul warga di Kelurahan Kebun Dahri, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Demi menjaga hasil pembangunan infrastruktur di wilayahnya, mereka bersepakat mengatur pola pemeliharaan secara bersama dan berkelanjutan. Dan hasilnya jelas, strategi tersebut sukses mencoret kawasan Kebun Dahri dari status kumuh.

Problem kumuh di Kelurahan Kebun Dahri memang nyaris mencakup seluruh aspek yang ada. Mulai dari jalan dan drainase lingkungan yang tak memenuhi syarat teknis, ketersediaan air bersih hingga tata kelola sampah acap menjadi persoalan menahun di wilayah yang dikenal dengan sebutan Kebun Bungsu. Khususnya, di area permukiman warga di Rukun Tetangga 04, 06, 07, dan RT 08.

Kondisi tadi berubah total pascakehadiran Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), melalui alokasi Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2019. Tak pelak, Kelurahan Kebun Dahri seakan menata ulang wajah wilayah.

Di antaranya berkat kegiatan pembangunan jalan lingkungan sepanjang 468,6 meter, saluran drainase bertutup sepanjang 203 meter, tujuh unit sumur bor dan hidran umum, satu kontainer sampah beserta empat gerobak pengangkut sampah, dan ruang terbuka publik (RTP). Hasil pembangunan ini dimanfaatkan langsung 171 kepala keluarga (KK), yang 132 KK di antaranya adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pemeliharaan hasil pembangunan dilaksanakan langsung warga setempat melalui kelembagaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Bungsu Park. KPP ini beranggota perwakilan dari setiap RT, yang kemudian bertugas sebagai koordinator kegiatan pemeliharaan di masing-masing wilayah. Dalam pelaksanaannya, KPP dan warga membuat aturan berupa rencana kerja terstruktur untuk disepakati dan ditandatangani bersama. Di antaranya meliputi jadwal rapat rutin KPP, penyusunan anggaran pemeliharaan aset, koordinasi iuran anggota serta pemantauan proses pemeliharaan di setiap RT.

Komitmen bahu membahu memelihara infrastruktur terbangun di lingkungan permukiman menjadi nyata di Kelurahan Kebun Dahri. Bersama KPP, bisa karena biasa, menjadi pasti. [Bengkulu]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.