Bersih-bersih Corona ala Kota Beriman

Kalimantan Timur Balikpapan KPP Berita Edukasi COVID-19 Comments (0) View (421)

Aksi menyingsingkan lengan baju menjadi aktivitas paling nyata belakangan ini. Pun demikian halnya seperti yang tengah berlangsung di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Utamanya, dalam menangani penyebaran virus Corona, COVID-19 yang juga menyebar di Kota Beriman. Upaya tersebut demi mendukung usaha pemerintah menangani dan mencegah penyebaran virus, yang harus dilaksanakan bersama dengan warga di mana pun.

Langkah inisiatif itulah yang dilakukan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Sepinggan Bersatu di Kelurahan Sepinggan yang langsung menggandeng Tim Program Kotaku. Aksi ini bukan main-main. Sebab hingga 2 April silam, data Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim menyebut jumlah orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 1.669 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 12 orang, positif 15 orang, dan satu orang meninggal dunia.

Sejak akhir Maret, LKM bersama Program Kotaku memanfaatkan peralatan hasil pengadaan kegiatan Bantuan Dana Investasi Tahun Anggaran 2018 berupa motor pemadam kebakaran. Dalam pelaksanaannya, LKM Sepinggan Bersatu dibantu Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) LKM Sepinggan menyemprotkan disinfektan di lingkungan permukiman setempat, dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP). Anggaran tersebut adalah laba Unit Pengelolaan Keuangan (UPK) yang didukung jajaran kelurahan, termasuk organisasi seperti karang taruna, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), serta warga.

Aksi di Sepinggan menginspirasi. Selang sehari kemudian, LKM Citra Mandiri Kelurahan Mekar Sari juga melaksanakan kegiatan yang sama. Mereka pun melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Kelurahan Mekarsari. Kegiatan itu spontan memancing animo serupa bagi LKM se-Kota Beriman, Balikpapan, untuk melakukan hal yang sama di masing-masing kelurahan.

Hingga sejauh ini, Tim Program Kotaku tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan jajaran LKM di Kota Balikpapan. Pastinya, untuk bersama mengingatkan masyarakat untuk lebih intens hidup bersih dan sehat serta waspada terhadap penularan virus Corona. [Kaltim]

Penulis: Baso Ali (Asisten Kota MK Kota Balikpapan) dan Herti Fendiana (Sub Komunikasi OSP) Program Kotaku Provinsi Kalimantan Timur

Editor: Epn

0 Komentar