Beranda Warta Cerita Padangsidimpuan, Menuju Layak Huni dan Bebas Kumuh

Padangsidimpuan, Menuju Layak Huni dan Bebas Kumuh

Cerita Sumatra Utara Padangsidimpuan Infrastruktur Comments (0) View (670)

Tahun silam mungkin menjadi tahun yang cukup membahagiakan bagi warga Kota Padangsidimpuan, Sumatra Utara. Pasalnya jelas, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menggelontorkan dana sebesar Rp 19 miliar yang dialokasikan bagi 15 kelurahan/desa yang memiliki luas wilayah permukiman kumuh. Dengan dana tersebut Kota Padangsidimpuan wajib menuntaskan sisa wilayah kumuh dari total 73,11 hektare luas kumuh sesuai Surat Keputusan Wali Kota Padangsidimpuan Nomor 91/KPTS/2017. Dan pada tahun ini, tinggal 13,1 ha lagi wilayah kumuh yang mesti diselesaikan.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengapresiasi langkah nyata Tim Program Kotaku, dan menginisiasi peresmian kegiatan infrastruktur Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat Tahun Anggaran 2019 Program Kotaku yang diselenggarakan pada awal Maret silam. Fasilitator Program Kotaku, badan keswadayaan masyarakat (BKM), Tim Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kota Padangsidimpuan didaulat menjadi panitia. Menurut Irsan, perhelatan tersebut adalah wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kota Padangsidimpuan buat peran aktif Program Kotaku yang menjadikan Padangsidimpuan kota layak huni dan bebas kumuh.

Momentum peresmian kegiatan infrastruktur yang diselenggarakan di Kelurahan Kantin itu dihadiri jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, wakil DPRD, camat se-Kota Padangsidimpuan, para kepala desa dan lurah, pihak perbankan, tokoh masyarakat, anggota BKM wilayah dan warga setempat. Dalam sambutannya, Irsan menegaskan bahwa pemda siap membantu dan mendukung segala hal yang bertujuan untuk membangun Kota Padangsidimpuan menjadi kota layak huni. Namun tentu saja, semua pihak diimbau ikut bekerja secara bahu membahu.

Di acara ini Wali Kota Padangsidimpuan pun menandatanganani prasasti 15 kelurahan/desa sebagai simbol kegiatan infrastruktur berbasis alokasi dana BPM Program Kotaku 2019 telah selesai. Usai itu, Irsan diajak melihat hasil pembangunan berupa jalan berkonstruksi beton sepanjang 127,5 meter di sepanjang bantaran Sungai Batang Ayumi dan dua unit septic tank komunal.

Sebelumnya, alokasi dana penanganan kumuh pun pernah didapat wilayah Padangsidimpuan. Bantuan pemerintah melalui Bantuan Dana Investasi (BDI) Program Kotaku TA 2018 mencapai Rp 500 juta untuk satu kelurahan kumuh dan Rp 1 miliar untuk dua kelurahan kumuh dan Rp 1 miliar lainnya untuk lima desa/kelurahan pencegahan kumuh. Berdasarkan data perhitungan pengurangan kumuh mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga level kota, luas kumuh yang telah terselesaikan sejak 2017 sampai 2019 mencapai 60,01 ha. Tinggal 13,1 ha lagi yang mesti diselesaikan. Semangat! [Sumut]

Penulis: Zulhan Taufik, Asisten Kota Mandiri Padangsidimpuan/Cluster Sibolga-Padangsidimpuan OC-2 Program Kotaku Provinsi Sumatra Utara

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.