Beranda Warta Artikel Waspada COVID-19, Tapi Jangan Panik

Waspada COVID-19, Tapi Jangan Panik

Artikel Edukasi COVID-19 Cegah COVID-19 Comments (0) View (234)

Kali ini warga bumi sedang menghadapi masalah wabah virus corona (COVID-19), termasuk Indonesia. Secara resmi virus corona dinyatakan sebagai wabah di Indonesia mulai Senin, 2 Maret 2020. Gawat! Apa yang harus kita lakukan?

Waspada, wajib. Panik, jangan. Ini modal utama menghadapinya. Bagaimana mencegahnya?

Pertama, cuci tangan (sampai batas hampir siku) pakai sabun sesering mungkin, dengan air mengalir. Bisa juga menggunakan antiseptik berbasis alkohol jika tidak bisa menemukan air dan sabun. Cara ini terbukti ampuh menghilangkan virus dan bakteri di tangan.

Kedua, saat merasa akan batuk dan bersin, segera tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku, yang penting tidak sampai bersin atau batuk ke udara bebas. Kemudian segera cuci tangan dengan air dan sabun atau alkohol; buang tisu ke tempat sampah tertutup, jangan usap muka dengan tisu tersebut.

Ketiga, pastikan tangan bersih (sudah dicuci dengan air dan sabun atau antiseptik) sebelum menyentuh wajah (mata, hidung, mulut) sendiri atau menyentuh wajah orang lain. Ingat, tangan kita banyak menyentuh permukaan, bisa saja terkontaminasi dengan virus.

Keempat, sebisa mungkin hindari kerumunan atau keramaian (social distancing). Kita tidak tahu siapa saja yang sedang sakit. Bisa saja yang terlihat sehat sebenarnya sedang sakit; atau orang yang menggunakan masker sebenarnya sehat dan hanya antisipasi saja.

Kelima, jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, utamanya jika pernah berpergian ke negara yang juga ada wabah Covid-19 dua pekan terakhir, segera cari bantuan medis. Tetap tenang, jangan takut atau panik, dan beri keterangan secara jelas kepada petugas medis.

Intinya, jangan panik, tapi tetap waspada. Selebihnya, jaga kesehatan, makan makanan bersih dan bergizi, tetap semangat, dan jangan lupa bahagia. Silakan tetap beraktivitas, hanya saja batasi dulu jalan-jalannya. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.