Beranda Warta Berita Strategi Webinar Efektif buat Pelaku Program Kotaku

Strategi Webinar Efektif buat Pelaku Program Kotaku

Berita KMP Webinar Cegah COVID-19 WFH Comments (1) View (415)

Pengendalian dan koordinasi aktivitas kinerja Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di seluruh Tanah Air adalah sebuah harga mati, tanpa toleransi. Dalam kondisi apapun, kapan pun, dan di mana pun, seperti di masa wabah pandemi coronavirus, COVID-19 sekarang ini. Solusinya, dengan menyelenggarakan webinar, metode pelatihan kapasitas keterampilan dan motivasi berbasis teknologi online untuk mempertemukan dan memantau kinerja seluruh pelaku Program Kotaku tanpa wawan muka, alias tetap bekerja dari rumah.

Ada sejumlah tahapan yang harus dipersiapkan dalam penerapan webinar Program Kotaku di setiap level target. Contoh, bila pelaksana adalah oversight consultants (OC) atau oversight service provider (OSP) maka haruslah menyusun dan mengajukan kerangka acuan kerja (KAK) atau kurikulum kepada Konsultan Manajemen Pusat. Sementara bila pelaksana adalah OC/OSP, pengajuannya ditujukan kepada koordinator kota atau asisten kota mandiri. Pengajuan tersebut bersamaan dengan penyiapan modul/bahan materi webinar. Apabila pengajuan disetujui dari unsur tujuan dan konsep, dapat dilanjutkan ke kegiatan berikutnya. Sedangkan bila harus ada perbaikan, maka pelaksana harus merevisinya sebelum pengajuan kembali.

Langkah selanjutnya adalah konsolidasi rencana webinar, untuk membahas substansi dan metode pelaksanaan webinar. Di antaranya dari pembagian narasumber, notulensi, hingga moderator. Dalam kegiatan konsolidasi ini sebaiknya melibatkan Advisory atau KMP untuk mendapatkan masukan-masukan. Termasul, soal undangan webinar yang dapat dikeluarkan oleh Team Leader (TL) KMP/OC/OSP, atau korkot tergantung wilayanya. Undangan sebaiknya dikeluarkan minimal satu pekan sebelum pelaksanaan webinar.

Seluruh materi webinar sebaiknya telah disimpan melalui Google Drive, dan setiap peserta telah terlebih dulu mengunggahnya sebelum hari pelaksanaan. Demikian pula dengan narasumber yang telah ditetapkan, dan post test untuk menguji tingkat pemahaman, perkembangan keterampilan serta motivasi pascawebinar. Dan yang penting lainnya adalah mengulas efektivitas pelaksanaan webinar, berikut menyusun langkah penyempurnaan pelaksanaan selanjutnya.

Demi pelaksanaan Program Kotaku berjalan dengan baik dan benar, kegiatan koordinasi dan pengendalian kepada seluruh pelaku di Tanah Air harus dilaksanakan secara menerus dan berkala. Pelaksanaan koordinasi dan pengendalian yang dilaksanakan dengan metode webinar di semua tingkat diyakini mampu menjadi solusi di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Di tingkat pusat, aktivitas koordinasi dan pengendalian dilakukan melalui rapat koordinasi TL untuk beberapa persoalan. Misalnya saja sebagai media sosialisasi arahan kebijakan program, pembahasan status pencapaian, mengulas isu potensial, dan evaluasi kinerja OC/OSP. Para peserta webinar ini adalah seluruh TL OC/OSP, KMP, Advisory. Kehadiran satuan kerja, project management unit (PMU), dan direktur Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah sebagai narasumber webinar.

Selain rapat TL, masih ada pelaksanaan rapat koordinasi para Tenaga Ahli (TA) OC/OSP. Kegiatan ini bertujuan untuk diseminasi kebijakan, pembahasan isu sektor, dan perumusan strategi implementasi.

Pembahasan melalui webinar di level provinsi dilaksanakan dalam bentuk rapat koordinasi dengan tujuan diseminasi kebijakan, pembahasan status pencapaian setiap wilayah, pembahasan isu, dan diseminasi strategi implementasi. Webinar ini diikuti peserta dari TL OC/OSP, TA OC/OSP, hingga korkot/askot mandiri.

Di tingkat kota atau kabupaten, webinar diselenggarakan dengan tujuan membahas status pencapaian, pembahasan isu dan permasalahan, penyelesaian isu dan permasalahan, serta strategi penguatan para pelaku Program Kotaku. Peserta pertemuan ini adalah Tim Korkot dan Tim Fasilitator. [Redaksi]

1 Komentar


  1. Posted by yusufefendy | Apr 29, 2020

    Maaf Admin, sepertinya ada kalimat yang terbalik "Sementara bila pelaksana adalah OC/OSP, pengajuannya ditujukan kepada koordinator kota atau asisten kota mandiri"

     

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.