Beranda Warta Berita Pelatihan GIS Dukung Akses Informasi Spasial Kotaku

Pelatihan GIS Dukung Akses Informasi Spasial Kotaku

Berita Pelatihan GIS Webinar Masa COVID-19 Pelatihan Online Comments (0) View (296)

Ketersediaan data spasial di tingkat kabupaten/kota saat ini belum mampu menyajikan informasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), sehingga diperlukan pengumpulan dan penyusunan data spasial agar informasi tersebut tersaji dan mudah dibaca oleh pengguna. Pengumpulan dan penyusunan data spasial memerlukan Asisten geographic information system (GIS) yang mampu mengolah dan menyajikan data menjadi informasi spasial yang diperlukan. Untuk itu Program Kotaku melaksanakan Pelatihan Asisten GIS melalui daring (webinar) pada 11 – 13 Mei 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh total 85 peserta yang terdiri atas 66 orang Asisten GIS dan 19 orang Sub TA SIM Program Kotaku wilayah 2, yakni Kotaku Provinsi Jawa Tengah 1, Jawa Tengah 2, DI Yogyakarta, Jawa Timur 1, Jawa Timur 2, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Adapun narasumber pelatihan adalah Maksudi dari Advisory Kotaku, Ferdy dari Bank Dunia, TA Pelatihan KMP Kotaku wil. 2 Imanuddin, TA SIM KMP Kotaku wil. 2 Tri Setyo Budiyanto, dan Sub TA GIS KMP Kotaku wil. 2 Karina Bunga Hati. Metode Pelatihan Asisten GIS dilakukan dengan cara pelatihan online, tugas mandiri, dan diskusi online.

Pelatihan Asisten GIS bertujuan, pertama, menyamakan persepsi, pemahaman konsep, mekanisme, dan prosedur GIS Kotaku sesuai dengan yang tertuang dalam Prosedur Operasional Standar (POS) Pemetaan Kotaku. Kedua, memberikan pemahaman langkah analisis data terhadap kebutuhan atribut dalam peta, khususnya untuk integrasi data perencanaan dan data pelaksanaan (investasi) yang bersumber dari data Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kotaku. Ketiga, memberikan langkah manajemen data dalam WEBGIS. Keempat, menyepakati langkah pengengendalian pencapaian output yang tertuang dalam rencana kerja tindak lanjut serta keberlanjutan data GIS.

GIS sendiri mewujudkan visualisasi kegiatan dengan menggunakan informasi spasial yang akan sangat membantu pemakai (user) dalam mencari informasi secara cepat, dengan hanya melakukan klik pada titik/area tertentu pada peta, kemudian semua informasi akan muncul. Informasi yang ditampilkan dalam media peta merupakan informasi utama yang mendukung kegiatan Kotaku dalam hal perencanaan dan pelaksanaan (investasi). Dengan adanya GIS maka monitoring pelaksanaan kegiatan Kotaku diharapkan akan lebih optimal.

Diharapkan pula, dengan Pelatihan Asisten GIS, output yang dicapai kelak dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan Program Kotaku, serta digunakan oleh pemda maupun stakeholder lainnya. [Redaksi/KMP-2]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.