Beranda Warta Cerita Bahu Membahu Lawan COVID-19 Di Maluku

Bahu Membahu Lawan COVID-19 Di Maluku

Cerita Maluku Ambon Edukasi COVID-19 Comments (0) View (204)

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19), pemerintah menginstruksikan agar masyarakat menggunakan masker jika keluar rumah. Namun, di lapangan, masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berpergian. Mahalnya harga masker saat ini menjadi salah satu alasan bagi masyarakat tidak menggunakan, terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan. Terlebih di masa COVID-19 ini, banyak pekerja yang harus dirumahkan. Bagi mereka, jangakan membeli masker, membeli kebutuhan sehari-hari saja harus berpikir ulang.  Inilah yang kemudian membuat Tim OSP-11 Program Kotaku Provinsi Maluku berinisiatif membagikan masker secara gratis kepada masyarakat Maluku, terkhusus di Kota Ambon.

Kegiatan pembagian masker ini digelar pada Selasa, 12 Mei 2020. Tim OSP-11 Kotaku Maluku dibagi menjadi dua tim. Tim A bertugas membagikan masker di Pertigaan Jembatan Merah Putih (JMP), Desa Hative Kecil. Sedangkan Tim B bertugas membagikan masker di depan Kantor Telkom, Talake, Kelurahan Wainitu. Selain kedua tim dari Kotaku, aparat TNI, POLRI, Dinas Perhubungan Kota serta Satker PKP Provinsi Maluku juga ikut serta dalam kegiatan pembagian masker.

Target pembagian masker adalah para penumpang angkot, pejalan kaki, pedagang kaki lima, dan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker. Harapannya, masker yang dibagikan oleh tim OSP-11 Kotaku Maluku ini dapat bermanfaat dan mencegah penyebaran COVID-19.

“Kondisi perkembangan kasus COVID-19 di Kota Ambon yang terus meningkat, butuh kepedulian berbagai pihak untuk ikut mendukung upaya Pemerintah dalam rangka penanganan dan pencegahan COVID-19. Oleh karena itu, kami tim OSP-11 Maluku melakukan aksi pembagian masker dan melakukan edukasi kepada masyarakat melalui poster dan stiker berupa seruan upaya mandiri masyarakat dalam pencegahan COVID-19“ jelas Team Leader OSP-11 Kotaku Maluku Iik Tohara.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Maluku Anwar Hamid memberikan apresiasi atas kegiatan pembagian masker yang dilakukan oleh Tim OSP-11 Kotaku Maluku sebagai upaya pencegahan serta memberikan edukasi kepada masyarakat guna terkait COVID-19. “Ke depannya akan diupayakan kegiatan sosial menyambut Hari Raya Idulfitri, kolaborasi antara Satker PKP Provinsi Maluku dan Kotaku. Karena kondisi saat ini, sembako dan bahan kebutuhan sehari-hari menjadi hal urgent yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kita harus bersama-sama melawan COVID-19,” tegas Anwar.

Selain sebagai upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 di Maluku, OSP-11 Kotaku Maluku juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sosialisasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19 yang dapat dilakukan sehari-hari, di antaranya mencuci tangan dengan sabun, serta penggunaan masker hingga tidak keluar rumah jika tidak penting. Semua materi sosialisasi dan imbauan tersebut dibuat dalam bentuk stiker yang dibagikan bersama masker kepada masyarakat.

Sosialisasi juga dilakukan melalui media. Ini karena media merupakan salah satu penyebar informasi yang efektif di tengah situasi seperti sekarang ini. Media yang digunakan adalah media sosial, grup WhatsApp dan grup Facebook Komunitas seperti grup RT, RW, Jemaat Gereja, Majelis Taklim hingga komunitas-komunitas lain yang ada di Maluku. [Maluku]

Penulis: Efa Rubawati, M.Med.Kom., Sub. Komunikasi OSP-11 Program Kotaku Maluku

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.