Beranda Warta Cerita Padat Karya Program Kotaku Jadi Harapan di Gorontalo

Padat Karya Program Kotaku Jadi Harapan di Gorontalo

Cerita Gorontalo Padat Karya Peduli Cegah COVID-19 Comments (0) View (189)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Gorontalo tak bergeming di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) saat ini. Maklum, program padat karya penataan lingkungan penanganan kumuh wilayah mesti segera dilaksanakan kendati protokol pencegahan penyebaran virus menjadi metode kerja yang selalu dikedepankan dalam setiap aktivitas kegiatan Skala Lingkungan dan Skala Kawasan. Seperti, yang dilaksanakan di Provinsi Gorontalo, beberapa waktu berselang.

Pemerintah daerah setempat memang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak awal Mei. Para aparat mengambil keputusan penting tersebut pascarapat yang dilangsungkan secara online. Mereka semua berharap, PSBB menjadi upaya paling efektif memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Provinsi Gorontalo. Walau memang pada faktanya, penerapan PSBB berdampak langsung pada kondisi perekonomian masyarakat setempat.

Tim Koordinator Program Kotaku Kota Gorontalo juga bergerak memfasilitasi upaya percepatan pencairan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 10 miliar bagi sepuluh kelurahan. Wilayah penerima BPM yang sarat kegiatan padat karya tersebut adalah Kelurahan Lekobalo, Donggala, Siendeng, dan Kelurahan Talumolo di Kota Gorontalo; serta enam kelurahan lainnya di Kabupaten Gorontalo (Kelurahan Bolihuangga, Hunggaluwa, Dutulanaa, Hutuo, Mongolato, dan Kelurahan Doluhupa).

Kegiatan padat karya di wilayah target Program Kotaku itu diharapkan menjadi solusi buat masyarakat yang mau ikut terlibat dalam pekerjaan. Khususnya di tengah kondisi perekonomian yang menurun, akibat terkena dampak wabah Corona. Solusi itulah yang diyakini bakal berjalan seiring: membangun infrastruktur dasar penataan wilayah sekaligus memberi secercah harapan lapangan kerja buat warga. [Gorontalo]

Penulis: Mustar Musyahri, Sub-Prof Sosialisasi OSP 8 Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.