Lebih Hidup, Diskusi Tematik Webinar Kotaku Surakarta

Berita Jawa Tengah Diskusi Tematik Webinar Edukasi COVID-19 Comments (0) View (129)

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang membayangi Indonesia tak menghentikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) melakukan kegiatan yang telah direncanakan—tentunya dengan mematuhi Protokol Pencegahan Wabah COVID-19. Dalam hal ini, Kotaku Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan diskusi tematik dengan metode webinar, mengangkat tema “Penataan Hunian (Huntap) Kawasan Kumuh Semanggi RW 23”, pada Selasa (19/5), pukul 08.30 – 11.45 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh 53 partisipan yang terdiri atas 25 orang peserta dan observer, terdiri atas Advisory Kotaku, CCMU Bapenas, Bank Dunia, KMP Kotaku, OSP 2 Provinsi Jateng serta peserta lain dari provinsi lainnya. Diskusi menjadi seru dan menarik karena ada banyak masukan dari berbagai latar belakang peserta, baik organisasi perangkat daerah (OPD), lurah, maupun masyarakat penerima manfaat.

Disampaikan pula berbagai masukan dari KMP dan pihak Bank Dunia yang dinilai bermanfaat untuk perbaikan perencanaan kegiatan ke depan. Bahkan ada masukan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Surakarta yang disampaikan dalam uraian tulisan, karena sesi tanya-jawab sudah berakhir.

Hasil diskusi tematik menjadi pencerahan tersendiri, terutama bagi warga penerima manfaat, karena mereka sangat menantikan informasi perkembangan nasib mereka di tengah situasi merebaknya Pandemi COVID-19. Semua anggaran maupun perhatian dicurahkan ke penanganan pandemi terlebih dulu.

Dengan adanya diskusi ini, warga mendapatkan informasi kelanjutan penataan kawasan hunian (Huntap) 56 KK warga penerima manfaat penataan di RW 23. Selain itu, dengan diskusi ini, Pokja PKP bisa menyusun rencana tindak lanjut untuk menyiapkan kegiatan skala kawasan yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan Huntap dalam waktu dekat ini. [Jateng]

Penulis: Tim Komunikasi OSP 2 Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Nina Razad

0 Komentar