Beranda Warta Berita BKM Swakarya, Swasembada Cegah COVID-19

BKM Swakarya, Swasembada Cegah COVID-19

Berita Jawa Timur Edukasi COVID-19 Sosialisasi Comments (0) View (433)

KOTAKU telah membangun keberdayaan masyarakat melalui kelembagaan yang disebut badan keswadayaan masyarakat atau BKM. BKM sebagai lembaga milik warga memiliki peran penting dalam mengawal kemandirian dan keberdayaannya masyarakat. Dalam kondisi saat ini, bahwa virus covid 19 telah menjadi wabah yang menyebar ke hampir seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Maka pemerintah bersama masyarakat berjibaku untuk mencegah p enyebaran virus tersebut denga himbauan Physical Distancing maupun Sosial Distancing untuk menghambat dan mencegah penyebaran coronavirus diseases 2019 atau biasa disebut covid 19.

Kemandirian kelembagaan BKM. Swakarya Mandiri Kelurahan Wates Kecamatan Magersari Kota Mojokerto tidak luput juga terpanggil untuk aktif dalam penanganan dampak covid 19, khususnya di kelurahan wates. Melalui kegiatan Alokasi Jasa UPK Penanganan Dampak Pandemi Covid 19 dengan “ Santunan Anak Yatim dan Dhuafa serta KSM. UPK. “ maka pada tanggal 08 s/d 09 Mei 2020 telah disalurkan santuan bagi anak yatim dan dhuafa serta KSM. UPK, atau 447 KK/Orang/Jiwa penerima manfaat di kelurahan wates.

Pada tahun anggaran 2019, UPK BKM. Swakarya Mandiri telah mampu menghasilkan laba UPK sebesar Rp. 128.677.414,- ( Seratus Duapuluh Delapan Juta Enamratus Tujuhpuluh Tujuh Ribu Empatratus Empatbelas Rupiah ) yang kemudian sesuai AD/ART BKM dialokasikan pada lingkungan, ekonomi (penambahan modal UPK) dan social. Hal ini menjadi istimewa dan membanggakan semua pihak mengingat kelurahan wates yang merupakan kelurahan terbesar dikota mojokerto sejak 2015 s/d sekarang tidak mendapatkan dana BPM/BDI damn masuk kategori lokasi pencegahan / lokasi non BPM.

Khusus untuk kegiatan sosial teralokasikan sebesar Rp. 41.500.000,- ( Empatpuluh Satu Juta Limaratus Ribu Rupiah) sebagai anggaran kegiatan ini yang dilaksanakan oleh KSM. Jaya Mandiri. Kegiatan santunan ini direalisasikan dengan memberikan paket santunan berupa sembako yang berisi beras, minyak goreng, mie instan dan masker guna membantu mencukupi kebutuhan warga penerima manfaat dalam menghadapi dampak wabah ini. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Jubaidi selaku koordinator BKM, bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar warga, terutamanya warga kelurahan wates dapat terbantu dalam menghadapi dampak pandemi dan semoga terhindar dari wabah covid 19.

“ Kegiatan ini pasti akan sangat membantu warga dan pemerintahan kelurahan wates dalam menghadapi dampak dari wabah covid 19 dan semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh BKM. Swakarya Mandiri…” seperti yang disampaikan Bapak Lurah Wates pada pembukaan kegiatan ini di aula kelurahan wates kecamatan magersari kota mojokerto. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas kelurahan wates sebagai bentuk bahwa pengendalian dan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokoler penanganan covid 19.

“ Terimakasih kami sampaikan kepada KOTAKU dan BKM. Swakarya Mandiri yang telah membantu pemerintah kelurahan wates dalam menangani dampak COVID 19 di kelurahan wates, semoga kita semua tetap sehat dan berdaya dalam menghadapi pandemi covid 2019 “ kata Bapak Amannullah Widi PB, SH. selaku lurah wates pada penyerahan santunan di lingkungan kelurahan wates.

“ Fungsi Kelembagaan BKM. Swakarya Mandiri memang terasa keberadaanya bagi warga kelurahan wates, beberapa kali mereka telah meakukan kegiatan sosial dari alokasi jasa UPK. Dan pada saaat ini, disaat warga menghadapi dampak wabah covid 19, mereka kembali melakukan kegiatan social dari alokasi jasa UPK dengan nominal yang cukup besar, …Sungguh sesuatu yang membaggakan bagi kami warga kelurahan wates dan pemerintahan kelurahan wates..Semoga BKM. Swakarya Mandiri selalu Sukses”. [Jatim]

Dokumentasi lainnya:

    

 

Penulis: Aris Muzahri, Fasilitator Sosial Kota Mojokerto, OSP 3 Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.