Beranda Warta Cerita Lahirnya BKM Hinekombe Masa Pandemi Corona

Lahirnya BKM Hinekombe Masa Pandemi Corona

Cerita Papua Jayapura Pembentukan BKM Hinekombe Comments (0) View (325)

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) tak hanya mewabah di kota besar di Jawa, tapi juga di Pulau Papua. Salah satu lokasi yang terdampak adalah Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang notabene adalah lokasi dampingan baru Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Bukan perkara mudah memahamkan program yang baru diterapkan di lokasi ini, mulai dari tingkat basis hingga tataran pemerintah daerah (pemda), ditambah berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lokasi ini.

Namun demikian, Tim Kotaku tetap berupaya melaksanakan kegiatan, diawali dengan sosialisasi Program Kotaku di tingkat pemda pada Selasa, 12 Mei 2020. Kegiatan itu dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Jayapura, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Kabupaten Jayapura, Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Kepala Distrik Sentani, Kepala Kelurahan Hinekombe dan Sereh, serta OPD teknis di jajaran Pemda Kabupaten Jayapura.

Disusul dengan sosialisasi Program Kotaku dan sosialisasi panduan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Tim Gugus Tugas tingkat distrik. Kegiatan dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, dan organisasi masyarakat di Kelurahan Hinekombe. Dilanjutkan dengan pembentukan kelompok kerja (pokja) pemilihan umum (pemilu) lembaga keswadayaan masyarakat (LKM), yaitu Pokja Pemilihan, Pokja Perumus AD/ART, dan Pokja Pemantau.

Usai mengantongi restu dari Bupati Jayapura, ditambah dampingan Tim Gugus Tugas Covid-19 Distrik Sentani, bersama petugas keamanan (TNI dan Polri), Tim Kotaku diizinkan masuk ke "zona merah Covid-19" saat itu di Kelurahan Hinekombe. Tentunya dengan mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, yaitu selalu memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan jaga jarak. Tim Kotaku menyusuri satu RT ke RT lainnya, mensosialisasikan program dan proses pemilihan LKM, sekaligus memilih utusan tingkat basis yang dibantu oleh relawan kelurahan dan relawan Covid-19.

Proses pemilu dimulai pada 23 Mei, dan puncaknya pemilu LKM di tingkat kelurahan dilakukan pada 28 Mei 2020. Hasilnya, terpilih 13 orang sebagai anggota LKM Kelurahan Hinekombe. [Papua]

Penulis: Tim Sosialisasi OSP 11 Papua Program Kotaku Provinsi Papua

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.