Beranda Warta Berita POB Program Kotaku Gorontalo Mulai Disosialisasikan

POB Program Kotaku Gorontalo Mulai Disosialisasikan

Berita Gorontalo POB Sosialisasi Comments (0) View (513)

Pelaksanaan Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dilaksanakan oleh Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah Provinsi Gorontalo, yang dilakukan melalui Vertual (Video Conferense), dalam rangka penyamaan persepsi tentang apa itu Program Kotaku, Visi, Misi serta langkah-langkah strategi proses pelaksanaannya sesuai petunjuk Panduan Prosedur Operasional Baku (POB) mendapat perhatian khusus dari OPD terkait. Pada Sosialisasi Program Kotaku yang moderatonya dari BPPW Provinsi Gorontalo membuat Forum Civ-con seakan-akan tersadar dan menemukan semangat baru, betapa tidak setelah melalui penyampaian materi POB dan bukti conkrit hasil pendataan dan realisasi penaganannya yang dilakukan di Kota dan Kabupaten Gorontalo melalui program Kotaku, menyadarkan pada Kabupaten lain Seperti Bone Bolango betapa penting dan perlunya mendapatkan Data yang akurat serta cara memperolehnya. Ditengah persoalan yang besar tentang Virus Corona (Covid-19) yang melanda belahan dunia tidak terkecuali Provinsi Gorontalo memberi keyakinan baru atas perlunya kerja exktra metode untuk keluar, minimal mengurangi dan membukakan jalan sedikit perlahan tapi pasti keluar dari permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, uatamanya masyarakat yang terkena lansung dampak perekonomian yang ditimbulkan oleh Virus Corona (COVID-19). Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dilaksanakan oleh BPPW Provinsi Gorontalo memberi penyadaran tambahan betapa pentingnya ada rujukan dan penyatuan fokus melihat dan menyelesaikan persoalan, apa itu?. Ialah Data yang akurat.

Sosialisasi yang dilakukan melalui Cid-con dimana materi panduan POB tentang proses langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk memperoleh data yang akurat secara global disampaikan lansung Oleh Team Leader (TL) Kotaku Provinsi Gorontalo Ilham Hamid, kemudian dipertajam melalui pencerahan proses pendataan yang dibarengi hasil data (cara mendapatkan) serta bukti data dan realisasi pengguna pemanfaatannya yang dicerahkan oleh Tenaga Ahli (TA) Infrastruktur Agustin Abdullah berkolaborasi dengan Tenaga Ahli Urban Planner (UP) Irfan membuat OPD dan perwakilan dari Kabupaten lain seperti Wakil Bappeda Bone Bolango untuk mengadopsi dan bahkan bukan itu saja lewat diskusi yang terlaksana melalui Cideo Conference oleh Rusli Akase bersedia melaksanakan metode POB Kotaku bahkan siap menganggarkan demi memperoleh data yang dibutuhkan. Betapa tidak, data tersebut begitu pentingnya karena itu akan menjadi rujukan bersama untuk melahirkan SK Bupati dan Walikota tentang penanganan permasalahan terkait penyelesaian permasalahan skala lingkungan dan skala Kawasan.

Sosialisasi Program Kotaku yang dilaksanakan melalui Vidcon oleh BPPW Gorontalo melalui diskusi dengan penyampaian data dan realisasinya, terungkap bahwa keunikan Data yang diperoleh melalui data Baseline Program Kotaku selalu dapat dibuktikan melalui pakta data dan lapangan. Pengakuan ini sendiri terungkap oleh OPD terkait melalui perbandingan data sebelumnya yang sudah ada melalui SK Bupati dan SK Walikota. Dari Hasil diskusi tersebut memperlihatkan bahwa memang disetiap Kabupaten diluar penerima Program Kotaku data itu ada, tetapi bilamana ditulusuri dimana letak data tersebut, maka itu yang kemudian sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Inilah yang menjadi menarik dan pembeda Data yang dihasilkan oleh Program Kotaku dan data- data yang ada di Kabupaten lainnya.

Kabupaten-Kabupaten lain melalui perwakilan OPD terkait, yang hadir pada Vidcon Sosialisasi POB Program Kotaku yang dilaksanakan oleh BPPW Gorontalo memberi warna baru bahwa selama ini data yang ada pada SK masing-masing Kota dan kabupaten sebenarnya bukan salah, tetapi akurasi pakta data dan lapangan masih perlu dibenahi dan ditingkatkan. Melalui Sosialisasi POB Program Kotaku keluarannya diharapkan bahwa rumusan yang ditetapkan melalui SK Bupati dan Walikota, minimal Lima Tahun (2020-2025) kedepan mampu menjawab persoalan sekitar Tuju Aspek 19 indikator dalam penanganan penyelesaian persoalan skala lingkungan dan persoalan skala kawasan.

Untuk melahirkan data yang akurat serta sinergitas program melalui OPD masing-masing tentu peranan Pokja PKP setiap Kota Kabupaten memegang peranan strategis untuk menjadi orkesra jembatan transpotasi dan fasilitasi Top Down dan Button Up. Pokja PKP selain menjadi orkesra, yang tidak kalah pentingnya adalah memonitoring kegiatan dilevel kelurahan sesuai pakta data dan lapangan. Mengapa ini perlu dilakukan?. Karena memastikan perpaduan Kota dan Kabupaten dalam merumuskan rencana Lima Tahun kedepan yang dituangkan melalui SK Bupati dan Walikota sesuai dengan kebutuhan dengan pendekatan prioritas pelesaian permalahan.

Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Tingkat Provinsi di fasilitasi oleh BPPW Gorontalo. Kegiatan sosialisasi POB ini dilakukan secara Vertual atau Video conference pada Hari Jum,at Tanggal 29 Mei 2020. Adapaun peserta pada acara sosialisasi POB mengundang kabupaten-kabupaten yang di Provinsi Gorontalo walaupun pakta dan kenyataannya hanya ada beberapa kabupaten yang hadir termasuk perwakilan Kabupaten Bone Bolango.

Prakarsa yang dilakukan oleh pokja PKP sebagai cerminan dan perwakilan masing-masing OPD diharapkan akan melahirkan SK Bupati dan Walikota sebagai hasil perumusan program kerja selama Lima Tahun kedepan. Dengan harapan bahwa permasalahan ini akan menjawab Lima Aspek Enam Belas indikator melalui pembangunan Infrastruktur dasar dalam penyelesaian kegiatan persoalan skala lingkungan dan skala kawasan. Penyelasaian permasalahan lingkungan dan kawasan tentu saja ini berimfilikasi penyelesaian persoalan masyarakat miskin yang selama ini terkena dampak penurunan pendapatan akibat yang ditimbulkan oleh Virus Corona (Covid-19). SK bupati melalui perumusan program kerja lima tahun kedepan minimal membuka peluang kerja terutama masyarakat miskin yang selama ini kurang mendapat perhatian. Kolaborasi solusi untuk menjawab seluruh persoalan yang terjadi.[Gorontalo]


Penulis: Mustar, Sub Prof Sosialisasi OSP-8
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.