Beranda Warta Berita LKM Sumber Makmur Gelar Bakti Sosial

LKM Sumber Makmur Gelar Bakti Sosial

Berita Jawa Timur Pacitan LKM Tanggap COVID-19 Comments (0) View (676)

LKM SUMBER MAKMUR Desa Sumberharjo Kec. Pacitan Kab. Pacitan melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan masker, sabun cuci tangan dan paket sembako kepada warga masyarakat. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian LKM terhadap kondisi masyarakat Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan yang terkena dampak akibat wabah Covid19.

Bakti social dapat diselenggarakan berkat alokasi laba UPK untuk kegiatan social senilai Rp.3.625.000,00 dan swadaya Rp. 1.449.000,00. Penerima manfaat dalam kegiatan kali ini adalah masyarakat miskin yang belum menerima bantuan dari pihak manapun. Sebanyak 155 paket berisi sabun cuci tangan dan masker diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sedangkan sebanyak 26 paket sembako diberikan kepada KSM yang terkena imbas wabah Covid19 serta belum mendapatkan bantuan darimanapun.

Kegiatan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat Desa Sumberharjo di laksanakan di Balai Desa Sumberhajo Kabupaten Pacitan pada tanggal 13 Mei 2020. Dengan tetap menerapkan physical distancing, panitia dan LKM mengatur masyarakat agar tertib.

Koordinator LKM, Farid, dalam sambutannya menyampaikan bahwa bakti social ini bisa dilakukan berkat adanya UPK yang sehat, berkat KSM yang tertib mengangsur pinjaman bergulir, sehingga ada alokasi laba UPK yang bisa digunakan untuk kegiatan social kali ini.

Hariadi, Kades Sumberharjo, menyampaikan bahwa kegiatan LKM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan menolong Pemerintahan Desa dalam menghadapi waabah Covid19. Kades Sumberharjo juga menambahakan agar masyarakat atau KSM Pinjaman Bergulir tetap rajin mengangsur karena manfaatnya juga akan kembali ke masyarakat Desa Sumberharjo.

Aksi nyata yang mendukung gerakan tersebut adalah membagikan Masker dan sabun cuci tangan untuk 155 orang bekerjasama dengan Relawan gugus tugas covid 19, dan Kader Posyandu. Saat memberikan paket sabun cuci tangan dan masker, tidak lupa untuk menjelaskan protocol sederhana tapi sangat ampuh dalam menangkal penyebaran Covid19. Yakni dengan menghindari kerumuman, memakai masker dan sering cuci tangan dengan sabun.

Tanggapan masyarakat sangat positif, mengingat di sekitarnya masih banyak masyarakat yang belum paham mengapa harus memakai masker dan sering cuci tangan dengan sabun. Terlihat dalam kegiatan masih saja ada warga yang datang dan tidak memakai masker. Panitia segera memberikan masker dan memberikan penjelasan pemakaiannya.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan terhadap sesama. Selagi ada niat pasti akan diberikan kemudahan, demikian yang disampaikan oleh Ida Royani, UPK LKM Sumber Makmur. Beliau tidak henti menghimbau KSM peminjam dana agar tertib mengangsur. Sehingga semakin banyak kegiatan dari jasa UPK yang akan dapat dilaksanakan bagi masyarakat Desa Sumberharjo. Ayo, semangat![Jatim]

Penulis: Andris Eko Cahyono, Tim KomunikasiProgram Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.